Rabu, 21 November 2018 01:12 WIB
pmk

Moto GP

Stoner : Cepat Tapi Buat Apa?

Redaktur:

Casey Stoner

INDOPOS.CO.ID- Hari pertama uji coba pra musim MotoGP 2017 di Sirkuit Sepang, Malaysia, digunakan tim-tim untuk menjajal banyak setingan motor. Pembalap uji Ducati Casey Stoner tampil sebagai yang tercepat. Tentu Stoner bukan ancaman bagi siapapun, karena dia sudah pensiun dan belum ingin kembali ke grid sebagai pembalap MotoGP.

Catatan waktu Stoner 1 menit 59,681 detik sudah dibukukannya setelah jedah makan siang sekitar pukul 13:00. Dia menggeser posisi rider utama Ducati Andrea Dovizioso dengan selisih tipis 0,117 detik. Setelah itu tak ada rider lain yang mampu menggenjot motornya lebih cepat dari rider Australia tersebut. Plus hujan kembali mengganggu jalannya uji coba hari pertama sekitar dua jam sebelum sesi ditutup.

Stoner menunggang Ducati Desmosedici GP 16 dengan sejumlah upgrade yang dibawa pabrikan Italia tersebut sejak melakukan uji coba privat pada 25-27 Januari lalu. Motor tersebut dilengkapi “salad box” kotak di bawah ekor Desmosedici yang membantu kerja knalpot.

Hampir semua pembalap mengakui kecepatan Stoner. Rider utama Ducati Andrea Dovizioso menyebut talenta Stoner sebagai “unusual”. Tapi soal kecepatannya di balapan penuh Dovi meragukannya. ''Aku rasa semua orang akan mengakui itu,'' ungkap Dovi saat ditanya apakah dia merasa beruntung Stoner tidak membalap di MotoGP saat ini.

Meski begitu juara GP Malaysia musim 2016 itu menyebut secara fisik Stoner tidak siap untuk balapan. Karena sudah empat tahun tak lagi membalap sebagai rider MotoGP, Dovi yakin tidak mudah bagi juara dunia dua kali itu untuk menyelesaikan satu balapan penuh dengan konsisten cepat. ''Dia tidak berada pada situasi terbaik untuk balapan,'' tukasnya dalam wawancara usai uji coba.

Di dalam tim, lanjut Dovi, Stoner lebih banyak memberi masukan tentang pengembangan motor dan bekerja sama dengan Jorge Lorenzo untuk lebih cepat beradaptasi dengan motor barunya. Stoner sendiri beberapa kali menolak saat ditawari wildcard oleh Ducati. Termasuk ketika diminta untuk menggantikan Andrea Iannone yang absen lantaran cedera musim lalu.aA

Mirip dengan Dovi mantan rival Stoner, Valentino Rossi juga punya pendapat yang sama. ''Iya, dia sangat cepat. Tapi apapun itu dia kan tidak membalap,'' tuturnya lalu terbahak. Dia menyebut hasil uji coba hari pertama tidak menggambarkan apapun.

Rossi finis di posisi delapan dengan catatan waktu 2 menit 0,694 detik. Tepat di depan rivalnya Marc Marquez yang berada di posisi sembilan dengan selisih 0,044 detik di belakang Rossi. Rider tercepat Yamaha adalah Maverick Vinales di tempat ketiga dengan catatan waktu 2 menit 0,129 detik. Sementara Lorenzo ada di urutan 17 dengan selisih 1,669 detik di belakang Stoner. (cak/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #motogp 

Berita Terkait

IKLAN