Selasa, 11 Desember 2018 04:40 WIB

Politik

Demokrat: Tim Kuasa Hukum Ahok Langgar UU ITE

Demokrat meminta Polisi segera mengusut kasus ini.
Redaktur: Redjo Prahananda

Partai Demokrat

INDOPOS.CO.ID - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto meminta Polisi mengusut dugaan telepon SBY disadap tim Kuasa Hukum Basuki T. Purnama alias Ahok.

Dalam sidang ke delapan penistaan agama dengan terdakwa Ahok, tim kuasa hukum memiliki rekaman pembicaraan antara SBY dengan Ketua MUI Ma’ruf Amin. Bila benar ponsel Presiden ke-6 RI telah diretas, berarti Tim Kuasa Hukum Ahok bertindak ilegal.

Dengan kata lain, Agus melanjutkan, Ahok telah melakukan pelanggaran UU Informasi, Transaksi, dan Elektronik (ITE) karena memiliki rekaman tersebut. “Kami mendorong aparat hukum mengurus pelanggaran UU ITE ini," ujarnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/2).

Kata wakil ketua DPR itu, aparat penegak hukum tidak perlu menunggu adanya aduan dari masyarakat. "Pelanggaran ini bukan delik aduan karena itu aparat hukum bisa memproses," Agus menegaskan.

Mengenai tudingan Ahok, Ma'ruf Amin berbohong karena tidak mengakui  rekaman tersebut, Agus mengaku prihatin. Dugaan itu sangat tendensius dan memojokkan Ma'ruf yang notabene dihormati umat muslim di Indonesia sebagai Rois Aam Nahdlatul Ulama.

Memang, Ahok telah meminta maaf. Akan tetapi proses hukum soal penyadapan itu menurutnya harus tetap harus berjalan. “Indonesia negara hukum, sifat memaafkan sanggat bagus, tetapi pelanggaran pidana harus di proses undang-undang berlaku, ini bukan delik aduan," dia mengakhiri. (dna/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: #partai-demokrat 

Berita Terkait

Hillary Clinton Akan Maju Lagi Menjadi Capres AS

Internasional

PD Fokus Menangkan Caleg

Politik

Pemilu Sela AS, Demokrat Pimpin Kursi di DPR

Internasional

Calon Anggota Dewan Ingin Bantu Warga

Politik

Caleg Demokrat Targetkan 20 Ribu Suara

Politik

KPU Minta PD Teken Deklarasi

Nasional

IKLAN