Nusantara

Tak Ada Korban Jiwa, Kapal Wisata Terbakar

Redaktur:
Tak Ada Korban Jiwa, Kapal Wisata Terbakar - Nusantara

DILALAP API: KM Merpati yang terbakar ini melayani wisatawan untuk menikmati keindahan alam dan bawah laut Labuan Bajo.

INDOPOS.CO.ID – Sebuah kapal wisata KM Merpati milik Deliver Paradise Komodo yang selama ini melayani aktivitas wisatawan antarpulau menuju objek wisata di Labuan Bajo, terbakar sekira pukul 01.30, Senin (30/1).Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa nahas itu. Hingga kini, belum diketahui sebab terjadinya peristiwa kebakaran.

Kapolres Manggarai Barat AKBP Supiyanto melalui Kasubag Humas Aiptu Eka Darma Yuda ketika dikonfirmasi koran ini mengaku, institusinya belum mendapat laporan pengaduan masyarakat terutama dari pihak korban.“Kita belum mendapat laporan pengaduan masyarakat jadi belum bisa kasih keterangan apa-apa terkait kasus itu,” katanya sambil mengarahkan wartawan mencari data di Kantor Basarnas Manggarai.

Terpisah, Koordinator Pos Basarnas Manggarai Edi Suryono ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Dia mengaku, sebab kejadian terbakarnya kapal pihaknya belum mengetahui.

Dikatakan, timnya didukung TNI AL dan staf Syahbandar membantu memadamkan api dengan kapal KM Kanjeng 233. Lokasi terbakarnya kapal di depan pelabuhan  penyeberangan laut ASDP Labuan Bajo.

Dijelaskan, upaya pemadaman terus dilakukan hingga nelayan yang berada di sekitar pun ikut membantu.Untuk mencegah meluasnya kebakaran yang bisa merambat ke kapal-kapal sekitar, maka pihaknya mengaku telah memerintahkan kapal wisata dan nelayan lainnya untuk menjauh dari titik kebakaran hingga api berhasil dipadamkan tiga jam kemudian.“Kami turun dengan kapal SAR Bear dibantu TNI AL dan dari instansi lain ikut ramai-ramai memadamkan api,” jelasnya.

Untuk diketahui, KM Merpati selama ini melayani tamu wisatawan untuk menikmati keindahan alam dan bawah laut Labuan Bajo. Selain penumpang wisatawan dan tamu, kapal ini juga memuat perlengkapan dan peralatan menyelam seperti tabung gas dan lainnya.

Agar aktivitas wisata dan pelayaran kapal-kapal lainnya lancar, KM Merpati sengaja dikaramkan di Pulau Bajo yang juga mengikuti nasib serupa kapal wisata lainnya, KM Samurai yang beberapa tahun silam juga terbakar. (krf5/ays/jpg)

TAGS

Berita Terkait

Megapolitan / Toko Bangunan di Cilandak Ludes Terbakar

Jakarta Raya / 250 Rumah Permukiman Padat Penduduk Ludes Dilalap Api

Internasional / Inggris Butuh 3,1 Juta Rumah Sosial

Nasional / Gedung Sekjen Kemenkumham Dilalap Si Jago Merah


Baca Juga !.