Duarrr… 3 TKA asal Tiongkok Terkapar Terkena Ledakan

INDOPOS.CO.ID – Tiga tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok dari salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang pertambangan terkena ledakan dari mesin pembuatan campuran nikel, Kamis (2/2) sore.

Akibat ledakan hebat tersebut, tiga TKA yakni Zhang Haiqiong (44), Wang Xiang Yang (40), dan Guo Yucang (53) mengalami luka bakar yang cukup serius di sekujur tubuh.

Ketiga TKA tiba di RSUD Sorong pada pukul 17.00 WIT guna mendapatkan pertolongan pertama. Namun, karena pihak rumah sakit tidak memiliki cukup ruangan, ketiga TKA dirujuk ke RS Angkatan Laut (RS AL) pada pukul 18.00 WIT.

Salah satu korban, Wang Xiang Yang mengatakan, ia dan kedua rekannya terkena ledakan saat bekerja. Ia juga mengaku telah bekerja di Indonesia selama lebih dari satu tahun.

“Sudah satu tahun lebih kerja di sini (Papua Barat),” katanya.

Kondisi luka bakar yang dialami Wang Xiang Yang pun terbilang cukup ringan dibanding kedua rekannya Guo Yucang dan Zhang Haiqiong. Wang Xiang Yang mengalami luka bakar ringan pada kedua betis, lengan, dan dagu.

Sedangkan Guo Yucang mengalami luka bakar cukup serius pada lengan, dan kedua kaki. Zhang Haiqiong yang mengalami luka terparah, yakni di bagian kaki, tangan hingga wajah.

Data sementara yang dihimpun Radar Sorong (Jawa Pos Group), kejadian bermula saat ketiga TKA yang bekerja sebagai maintenance engineer di salah satu perusahaan pertambangan di Pulau Gebe, Raja Ampat tengah mengecek campuran bahan pembuatan nikel pada Kamis (2/2) pukul 11.00 WIT.

Kemudian tiba-tiba terjadi ledakan yang mengakibatkan salah satu TKA, yang diduga Zhang terkena percikan api. Melihat kondisi tersebut, dua TKA lainnya yakni Wang dan Guo mencoba untuk menolong Zhang.

Namun, tak mereka sangka, ledakan dari campuran nikel kembali terjadi. Alhasil ketiganya terkena luka bakar dari ledakan tersebut. Melihat kejadian tersebut, pihak perusahaan kemudian membawa ketiga korban ke RSUD Sorong dengan armada kapal.

Menurut penuturan salah satu TKA, Wang, ia telah bekerja di perusahaan tersebut selama lebih dari satu tahun. Ia dan kedua rekannya mengaku memiliki dokumen ijin ke Indonesia yakni Passport dan Visa. “Tiba-tiba ada api, jadi begini,”kenang Wang menunjuk luka di tubuhnya.

Sementara itu, menurut salah satu dokter di RS AL yang menangani ketiga TKA tersebut, pihaknya akan lebih dulu memberikan suntikan bius kemudian membersihkan luka bakar yang diderita korban. “Yang penting bersihkan lukanya dulu,”katanya.(ayu)

Komentar telah ditutup.