Internasional

Keanehan saat Donald Trump dan Shinzo Abe Konpers

Redaktur:
Keanehan saat Donald Trump dan Shinzo Abe Konpers - Internasional

Abe dan Trump. Foto: AFP

INDOPOS.CO.ID - Ada yang beda saat dua pemimpin dunia, Presiden AS Donald Trump dan PM Jepang Shinzo Abe menggelar konferensi pers (konpers) di Gedung Putih, Jumat (10/2) waktu setempat.

Saat giliran Abe yang bicara di mimbar, Trump tampak tidak menggunakan alat penerjemah. Meski begitu, saat Abe berpidato, Trump kerap mengangguk. Dia juga ikut tertawa saat Abe melontarkan lelucon.

Beberapa media menyatakan bahwa suami Melania Knauss tersebut lupa memakai alat penerjemahnya. Dia melihat ke arah stafnya untuk mengetahui kapan harus mengangguk ataupun tertawa. Termasuk di antaranya saat Abe melontarkan lelucon tentang gol. ”Dia tidak akan mampu memahami apa yang dikatakan oleh perdana menteri (Abe, Red),” ujar koresponden CNN di Gedung Putih Jeff Zeleny.

Trump baru memakai alat tersebut saat sesi tanya jawab. Wakil Juru Bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sander membenarkan bahwa Trump tidak memakai alat bantu penerjemah di awal. Namun, dia berdalih bahwa pemimpinnya tersebut sudah membawa salinan teks pidato Abe. Mereka juga sudah berbincang cukup lama sebelum menggelar konferensi pers.

Jabat tangan Trump dengan Abe juga menjadi sorotan. Trump menjabat tangan Abe cukup lama, sekitar 19 detik. Dia sempat menepuk-nepuk tangan Abe sambil terus tersenyum. Abe tampaknya ikut pura-pura senyum. Nah, begitu tangannya dilepaskan, senyumnya langsung hilang seketika.

Mirip wajah Michelle Obama saat menyambut Trump dan Melania di Gedung Putih sebelum inaugurasi 20 Januari lalu. Ekspresi wajah Abe tersebut langsung menjadi bahan gunjingan di media sosial. (afp/sha/c11/any/jpnn)

Berita Terkait


Baca Juga !.