Minggu, 18 November 2018 11:06 WIB
pmk

Formula 1

Juara Dunia Terlalu Cepat Buat Verstappen

Balap Perdana Langsung Juara
Redaktur:

bintang muda Red Bull Max Verstappen

INDOPOS.CO.ID  - Dua musim berlaga di Formula One (F1), bintang muda Red Bull Max Verstappen sudah mencuri perhatian dunia. Pembalap yang kini berusia 19 tahun tersebut digadang-gadang sebagai juara dunia masa depan. Apakah gelar itu bisa diraihnya tahun ini?

Ayah Verstappen yang juga mantan pembalap F1 di era 80-an Jos Verstappen menilainya terlalu cepat. Bermodal pengalaman dan performa mobil target menjadi juara dunia di musim 2017 dianggap terlalu cepat. Gap performa antara Red Bull dan Mercedes harus diperkecil jika ingin pertarungan perebutan gelar juara dunia tidak didominasi pabrikan asal Jerman itu. “Pendapat pribadiku adalah (2017) terlalu cepat satu tahun,” katanya kepada televisi Belanda Ziggo Sport.

Tahun ini, Jos berharap putranya akan memenangkan lebih banyak lomba. Karena untuk bersaing head-to-head dengan Mercedes masih mustahil. Jos mengaku sudah mendengar dari Max tentang progres perancangan mobil Red Bull terbaru RB 13. Menurutnya, dia percaya diri bahwa mobil baru nanti akan mampu bertarung dengan tim-tim papan atas.

Tak hanya chassis-nya yang hebar, Jos juga mendengar bahwa RB13 akan terlihat sangat cantik. Verstappen memulai debutnya di F1 bersama tim junior Red Bull, Toro Rosso pada 2015. Saat itu usianya masih 17 tahun sehingga namanya tercatat sebagai pembalap termudah F1 sepanjang masa. Karena banyak dikritik FIA sampai harus mengubah regulasi sehingga batas usia pembalap F1 minimal 18 tahun. Karena di Eropa untuk mendapatkan surat ijin mengemudi seseorang minimal harus berusia 18 tahun.

Setelah setahun bersama Toro Rosso, Verstappen dipromosikan ke tim utama Red Bull tahun lalu. Dia menggantikan Daniil Kvyat yang dianggap gagal di tim utama dan diturunkan levelnya kembali ke Toro Rosso. Pada balapan pertamanya bersama Red Bull di GP Spanyol, Verstappen langsung juara. Ketika itu dua pembalap Mercedes Lewis Hamilton dan Nico Rosberg bertabrakan. Kemenangan itu kembali membuat nama Verstappen tercatat sebagai pembalap termuda F1 sepanjang sejarah yang bisa menjuarai lomba.

“Max lebih berpengalaman sekarang. Dia sudah tahu karakter semua sirkuit yang ada di kalender balap F1. Tentu ekspektasi orang sangat tinggi kepadanya,” tandasnya.

Karena fans Verstappen yang kini sudah semakin banyak GP Belgia akan menyediakan grand stand khusus untuk pendukung Verstappen. Kebetulan Verstappen memang lahir di Belgia.(cak)


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1 

Berita Terkait

IKLAN