Selasa, 11 Desember 2018 04:16 WIB

Jakarta Raya

Dinas Perhubungan Perbaiki Dermaga Pulau Sebira

Redaktur:

Dermaga Pulau Sebira. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID - Suku Dinas Perhubungan Kepulauan Seribu, menjadwalkan pembangunan alur dan perbaikan Dermaga Pulau Sebira, mulai bulan April mendatang. Sehingga kapal berukuran besar juga bisa merapat ke dermaga.

"Masih tahap lelang, April prediksi kita sudah dikerjakan. Baik untuk pendalaman alur maupun perbaikan dermaganya yang rusak. Kita minta bantuan alat dari Sudin SDA," ujar Robert Edward, selaku Kasudin Perhubungan Kepulauan Seribu, kemarin (21/2).

Sementara itu, Lurah Pulau Harapan Murtaa mengatakan, pendalaman alur di pintu masuk dermaga Pulau Sebira darurat dilakukan agar kapal berukuran besar bisa masuk ke dermaga tersebut. Sementara warganya berharap ada kapal yang rutin datang ke Sebira untuk transportasi mereka.

"Selain sempit, banyak batu besar sehingga kapal sulit bermanuver. Itu juga penyebab kenapa sampai saat ini tidak ada transportasi ke Pulau Sebira," tandasnya.

Sejak awal, Dermaga Pulau Sebira memang menjadi perhatian karena harus diperbaiki. Kondisi infrastruktur yang ada saat ini sudah cukup memprihatinkan.

"Infrastrukturnya perlu perbaikan total. Termasuk pendalaman alur sehingga kapal besar bisa masuk ke sana," jelas Murtaa, beberapa waktu lalu.

Menurut Murtaa, kerusakan antara lain dataran dermaga yang mulai turun dan retak-retak pada bangunan yang ada di sana. Sebelumnya, warga Pulau sebira juga meminta agar adanya jadwal transportasi ke Pulau Sebira menuju daratan atau sebaliknya, meskipun tidak harus setiap hari.

Dermaga labuh satu-satunya di Pulau Sebira, Pulau Harapan, Kepulauan Seribu berkondisi memprihatinkan. Turap dermaga banyak yang retak dan belum diperbaiki sejak satu tahun terakhir.

"Sudah satu tahun rusak dan belum ada tanda-tanda diperbaiki. Kami selalu was-was saat musim angin barat demaga ini tak mampu menahan ombak," kata Muhammad Ali Kurniawan, selaku Ketua Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) Pulau Harapan, tahun lalu.

Menurut Muhammad, kerusakan dermaga tersebut sudah sering dilaporkan warga saat acara tatap muka dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu. "Warga meminta agar dermaga itu secepatnya diperbaiki karena sangat rawan ambrol," bebernya. (wok)


TOPIK BERITA TERKAIT: #jakarta #dishub-dki 

Berita Terkait

Hujan Sebabkan Longsor di Jakarta

Jakarta Raya

Hujan Es Landa Sebagian Jakarta

Jakarta Raya

Dishub Tutup Dua U-Turn di Jaksel

Jakarta Raya

Wow, Tumben Palmerah Lancar!

Jakarta Raya

Organda DKI Tuding Ojol Domain Kemenkominfo

Jakarta Raya

IKLAN