makanmakan

Anda Pernah Makan Ikan Ini?

Redaktur: Wahyu Sakti Awan
Anda Pernah Makan Ikan Ini? - makanmakan

KENYAL: Ikan Kudu Kudu. Foto: Dewi Maryani/indopos

INDOPOS.CO.ID-Di Makassar, ada satu jenis ikan yang menjadi buruan para wisatawan untuk mencoba yakni ikan kudu-kudu. Jika dilihat dari tampilan fisik, jenis ikan karang ini memang menyeramkan, dengan tubuh yang keras. Namun dibalik kulitnya yang keras, tersimpan daging yang gurih kenyal yang dijamin membuat ketagihan. 

Tak perlu jauh-jauh ke Makassar untuk mencicipi. Ikan ini menjadi salah satu menu di Restoran Samudera Rasa, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Samudera Rasa adalah restaurant seafood khas Makassar yang menyajikan beragam seafood seperti ikan, kepiting, kerang, udang, cumi dengan beragam olahan masakan, bakaran, goreng dan sup. ''Kebanyakan ikan di Samudera Rasa berasal dari Makassar seperti ikan kaci - kaci, tapi - tapi, sukang, kudu - kudu dan kwek,'' jelas Dea Nofika, Marketing and Sales Samudera Rasa.

Seafood ini, jelasnya, diracik dengan beragam bumbu khas Makassar seperti rica manado, rica merah, rica kuning dan parape yang memiliki citarasa istimewa khas Makasar. Keistimewaan dari Samudera Rasa adalah olahan ikan bakaran di Samudera Rasa tidak gosong untuk menjaga rasa asli dari ikan tersebut dan menjaga kesehatan bagi customer yang mengonsumsinya.

Spesial dari Samudera Rasa dalam sajian ikan bakaran menambahkan sambal dabu dabu, sambal mangga, sambal petis, sambal petis pedas dan sambal merah sebagai pelengkap dalam bersantap. Saus favorite: Rica Manado dengan rasa kepedasan tinggi karena asli dari cabe rawit jawa yang digiling kasar dan Parape dengan rasa dominan ke manis lebih banyak bawang merah

Di sini, yang jadi favorit pengunjung adalah ikan kaci - kaci rica manado. Daging yang lembut dan gurih dengan bumbu rica manado yang rasanya ekstra pedas. Ikan kudu - kudu goreng tepung: dagingnya seperti ayam, diolah dengan tepung menjadikan rasa ikan kudu kudu crispy dan gurih. Ada juga sup bandeng Palumara. Biasanya sup bandeng palumara menggunakan bandeng cabut duri dengan olahan bumbu palumara yang asam dan gurih.

Untuk minuman ada kelapa jeruk yang segar. Atau kelapa Manado yang dibuat dari kelapa, gula aren dan jeruk kitna.(dew)

 

Berita Terkait

Lifestyle / Begini Lho Cara Bikin Empek-Empek Kapal Selam

makanmakan / Omu Soufle Curry ala Hoshino Coffee

Megapolitan / Ingatkan Budaya Betawi

makanmakan / Paduan Komplit Santan dan Bumbu Asli jadi Magnet 

Lifestyle / FJB Perkenalkan Makanan Nusantara


Baca Juga !.