Minggu, 18 November 2018 03:08 WIB
pmk

Formula 1

McLaren Kembali Oranye Ferrari Hapus Corak Putih

Ferrari Hapus Corak Putih
Redaktur:

ajang: Mobil Oranye Ferrari untuk di ajang F1 2017.

INDOPOS.CO.ID - Dari semua kemunculan mobil baru Formula 1 sejauh ini, rasanya hanya McLaren yang mampu membawa suasana segar. Dari sisi nama atau kode chassis skuat asal Woking, Inggris itu mengubahnya dari MP4 menjadi MCL32. Sementara dari segi livery mobil baru tunggangan Fernando Alonso dan Stoffel Vandoorne tersebut mengalami peromabakan total.

MCL32 tampil dengan warna dominan oranye segar berpadu hitam. Oranye adalah warna kebesaran McLaren di masa lalu. Terakhir kali warna tersebut digunakan dalam uji coba pada musim 2006. Sedangkan, jika dihitung dari musim balap penuh, livery oranye McLaren terakhir dipakai pada 1971.

Mobil baru McLaren akan menggendong mesin generasi mutakhir Honda, RA617H. Mesin ini diklaim telah disesuaikan dengan desain mobil baru dan lebih ringan dari generasi sebelumnya. Dengan penantang baru ini McLaren berambisi kembali menarget podium dan kemenangan.

''Kami memperbaiki setiap area mesin yang sebelumnya dilarang. Ada beberapa area yang kami ingin modifikasi dari versi orisinal mesin untuk mendapatkan power yang lebih besar. Mobil berubah secara dramatis, jadi kami ingin merancang ulang mesin itu,'' ulas Programme Leader Honda-McLaren Yusuke Hasegawa

Dari perubahan nama mobil dan perombakan livery McLaren benar-benar ingin menghapus jejak mantan CEO mereka Ron Dennis yang dipecat akhir tahun lalu. Dennis menjadi sosok penting di balik sukses McLaren. Dia sudah bersama tim ini sejak 1981. Konflik internal dengan pemilik saham lainnya membuatnya didepak tahun lalu. Posisinya digantikan Zak Brown yang punya latar belakang bisnis dan pembalap profesional.

''Kami melewati berbagai rancangan dan apa yang kami hasilkan hari ini adalah adalah bentuk respon dari permintaan fan. Kami banyak sekali mendengarkan pendapat dari mereka, 'kami ingin warna oranye kembali','' ucap Brown dalam peluncuran mobil baru yang juga disiarkan secara live melalui streaming. Pengusaha asal Amerika Serikat tersebut melabeli mobil baru tersebut sebagai “indah dan cepat”.

Mengenai desain MCL32, sejumlah area yang mengalami perubahan besar adalah sayap belakang dan penambahan sirip hiu di atas tutup mesin. Bentuknya hampir sama dengan mobil-mobil tim lain yang sebelumnya sudah dirilis. Kecuali Mercedes.

Perbedaan mencolok lainnya terlihat pada sayap belakang yang terlihat sangat agresif. Bentuknya tak lagi kotak dan cenderung tradisional seperti musim lalu. Di bagian belakangnya mengerucut dan lancip ke atas.

Alonso tidak ingin terlalu optimis bahwa mobil ini akan langsung tampil hebat di awal musim dan menebar ancaman kepada tim-tim papan atas. Butuh waktu untuk mengetahui dimana potensi MCL32 dan sangat penting untuk dilakukan pengembangan sepanjang musim. ''Aku rasa setelah balapan memasuki seri Eropa kita akan tahu dimana posisi kami,'' ungkapnya.

Di hari yang sama kemarin, Ferrari juga meluncurkan mobil baru SF70H. Dari sisi livery pabrikan berlambang Kuda Jingkrak tersebut seakan menghapus sebagian besar warna putih yang ada di mobil mereka tahun lalu. Ferrari ingin mengembalikan warna kebesaran mereka merah ke sekujur bodywork SF70H.

Warna putih hanya tersisa di sayap belakang, sedikit di sayap depan, sirip hium dan di area floor. Kimi Raikkonen menjajal mobil baru tersebut untuk pengambilan gambar di Sirkuit Ferrari, Fiorano, Italia. Dalam acara tersebut tampak bahwa sayap belakang SF70H menggunakan konsep “T-wing” seperti yang juga diadopsi Mercedes pada W08.

Di mobil Ferrari juga terpasang sirip hiu seperti yang ada di MCL32. Sepertinya sirip hiu ini menjadi tren yang kembali muncul setelah terakhir kali terlihat di musim 2011. Kehadiran sirip hiu ini memang menjadikan mobil-mobil baru F1 yang cantik tersebut terlihat sedikit aneh. Namun secara aerodinamika tidak bisa dihindari karena mobil tahun ini lebih pendek dan lebar.

Setelah acara pengambilan gambar untuk kepentingan promosi, Ferrari kemudian melangsungkan acara peluncuran resmi pada sore harinya. Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen, dan Team Principal Maurizio Arrivabene berada di panggung untuk memaparkan target mereka tahun ini. Setelah melewati masa sulit tanpa kemenangan sekalipun tahun lalu, Ferrari berambisi untuk merengkuh juara dunia musim ini.(cak)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1 

Berita Terkait

IKLAN