Lifestyle

Segarnya Es Pisang Ijo

Redaktur:
Segarnya Es Pisang Ijo - Lifestyle

Es Pisang Ijo

INDOPOS.CO.ID - Bagi para pencinta kuliner pasti sudah familiar dengan es pisang ijo. Makanan pencuci mulut tradisional khas Makassar ini memang dikenal akan kelezatannya. Perpaduan rasa manis pisang dengan kuah sum-sumnya yang gurih, membuat hidangan ini begitu digemari banyak orang.

Di Makassar, ada banyak resto yang menawarkan menu ini. Salah satunya di RM Muda Mudi yang terletak di Jl. Rusa No.45 A, Maricaya, Kec. Makassar, Kota Makassar. Selain es pisang ijo ada pula es palu butung. Sekilas keduanya sama, namun ternyata ada pembedanya. Ternyata hanya soal pembungkus pisangnya. Es palu butung hanya menggunakan pisang kukus yang dipotong-potong, sedangkan pada es pisang ijo pisangnya dibungkus lapisan dadar berwarna hijau.

Pisang adalah bahan utama dalam kedua dessert asal Sulawesi Selatan ini. Biasanya, pisang yang digunakan adalah pisang masak seperti pisang kepok atau pisang raja matang. Setelah pisang dipotong-potong dan ditempatkan di piring, bubur sumsum yang terbuat dari tepung beras dan santan dituangkan. Tak lupa sirop merah, susu kental manis dan es batu melengkapinya.

Di Makassar, sirop yang biasa digunakan adalah merek lokal, yakni DHT rasa pisang Ambon. Es pisang ijo yang paling terkenal dijual di Warung Bravo. Dessert inipun jadi santapan berbuka puasa khas orang Makassar. ''Ini enak. Saya sudah coba es pisang ijo dibeberapa tempat tapi nggak cocok. Baru disini rasanya pas,'' kata Yani, salah satu pengunjung asal Jakarta. (dew)

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait

Lifestyle / Kepiting Lezat Khas Momma Kong

Lifestyle / Menu dan Suasana Baru Vin+

Megapolitan / Es Goyang Masih Bertahan di Era Es Krim

Megapolitan / Di Pasar Ini bakal Disemarakkan Kedai Kopi


Baca Juga !.