Lifestyle

Muffest 2017, Panggung Desainer Muslim Indonesia

Redaktur:
Muffest 2017, Panggung Desainer Muslim Indonesia - Lifestyle

MODEST FASHION: Busana muslim tengah mencapai tangga keemasan tahun ini. Hal ini ditandai dengan menjamurnya desainer busana muslim di tanah air.

INDOPOS.CO.ID - Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk mayoritas muslim terbanyak. Hal itu menjadikannya sebagai pasar potensial sebagai kiblat fashion muslim dunia.

Untuk merealisasikan Indonesia sebagai kiblat busana muslim dunia, Indonesia Fashion Chamber (IFC) pun bakal menyelenggarakan Muslim Fashion Festival (Muffest) 2017 pada 6-9 April mendatang di Jakarta Convention Center (JCC). Nantinya, acara tersebut akan menampilkan rangkaian fashion show dengan keragaman karya desainer dan label busana muslim di Indonesia sesuai tren fashion muslim tahun 2017/2018.

Selain itu, Muffest 2017 juga akan menghadirkan pameran dagang lebih dari 250 label fashion muslim. "Muffest dilandaskan dengan produk-produk dari industri fashion muslim Indonesia yang bersumber dari kebudayaan Indonesia itu sendiri dan kearifan lokal agar dapat bersaing baik di dalam negeri maupun luar negeri," ungkap Ali Charisma, selaku National Chairman IFC dalam rilis, kemarin (2/3).
Sebagai acara fashion show busana muslim yang digelar untuk kali kedua, Muffest 2017 akan mengusung tema "Digiterian" dengan mengedepankan branding, pendidikan, dan pengembangan produk. "Digiterian merupakan masa transisi abu-abu dari zaman sebelum teknologi berkembang ke generasi millennial. Muffest akan dibangun dengan karakteristik young, smart, dan digital," papar Ali.

Perhelatan ajang fashion show ini turut menghadirkan koleksi busana dari beberapa desainer ternama Indonesia seperti Najua Yanti, Deden Siswanto, Hannie Hananto, Monika Juffry, Nuniek Mawardi dan masih banyak lagi. Acara ini juga menggandeng dua komunitas muslim sebagai partner, yaitu HijabersMom Community dan Hijabers Community.

Didukung Pemerintah

Sementara itu, pemerintah melalui Kemenkop dan UKM mendukung upaya Indonesia menjadi pusat busana (fashion) muslim tingkat Asia pada 2018 dan dunia pada 2020.  Untuk mencapai tujuan itu dibutuhkan gerakan kolektif baik dari pemerintah, dunia usaha khususnya industri fashion dan masyarakat.

"Indonesia memiliki potensi sebagai salah satu pusat mode dunia, khususnya untuk busana muslim karena memiliki sumber daya kreatif dan warisan budaya melimpah. Jika pelaku fashion kita mampu mengangkat keunikan dari produknya, Indonesia bisa menjadi sumber inspirasi bagi pengembangan mode di dunia,” ujar Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram.

Terkait kebutuhan akan permodalan dan peningkatan daya saing, Agus mengatakan masalah modal relatif mudah didapat, karena pemerintah menyediakan berbagai pembiayan murah untuk UKM mulai dari Kredit Usaha Rakyat (KUR), LPDB (Lembaga Pengelola Dana Bergulir) KUKMK maupun Kredit UMI (Ultra Mikro). Sementara industri menengah yang berorientasi ekspor, ada pembiayaan dari LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia).

Untuk peningkatkan daya saing produk, pemerintah juga sudah meluncurkan skema Kemudahan Impor Tujuan Ekspor, dengan pengusaha kecil menengah yang selama ini mengimpor bahan baku untuk produk ekspor, tidak akan dikenakan BM (Bea Masuk) dan PPN (Pajak Pertambahan Nilai). Demikian juga ketika ekspor, produknya juga bebas pajak.

”Dengan demikian daya saing produk ekspor seperti fashion akan lebih meningkat," katanya. Ekspor produk fashion Indonesia meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Data Kemendag menunjukkan pada 2011-2015 ekspor produk busana muslim menunjukkan kenaikan sebesar 8,15 persen, dengan nilai ekspor mencapai USD 4,57 miliar. Hingga Mei 2016, nilai ekspor fashion mencapai USD 1,7 miliar. Negara tujuan ekspor terutama ke AS, Jepang, Jerman, Korea Selatan, Inggris, Australia, Kanada, Uni Emirat Arab, Belgia, dan Tiongkok. (sic)

TAGS

Berita Terkait

Ekonomi / Urban Quarter Sajikan Brand Lokal Terbaik

Jakarta Raya / Belasan Seniman Yogyakarta Pamerkan Karya Seni

Jakarta Raya / Tampilan Menawan Lace & Manik

Jakarta Raya / Karya Seni Berbalut Harapan

Jakarta Raya / Pameran Produk UKM Khas Perajin Jakut


Baca Juga !.