Nusantara

Api Lalap Toko, Tiga Orang Tewas

Redaktur:
Api Lalap Toko, Tiga Orang Tewas - Nusantara

LUDES: Sisa kebakaran di Toko Putri Jaya. Tampak terpasang police line.

TERNATE – Subuh mencekam. Suasana itulah yang tergambar pada tragedi kebakaran yang menghanguskan sebuah toko di kawasan pertokoan RT/RW 001/003 Kelurahan Gamalama, Ternate Tengah, Selasa (7/3) pukul 03.15 dinihari. Kebakaran tersebut menewaskan satu keluarga yang merupakan pemilik took, Putri Jaya. Mereka di antaranya adalah Aminullah,37,  Murniati, 29, dan anak mereka, Putri Meilani, 10. Ketiganya tewas terpanggang setelah api dengan cepat membakar seluruh isi bangunan berbeton tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari salah satu saksi Muliono Mursid, 58, pemilik Toko Ilahi yang berada tepat di belakang Toko Putri Jaya, mengatakan, sekira pukul 03.15 WIT, dirinya terbangun karena melihat adanya api dan kepulan asap yang banyak di lokasi kejadian. Muliono kemudian membangunkan istri dan anak dan membawa keluar ke jalan raya untuk melihat kebakaran tersebut.

Pada saat Muliono sampai di depan Toko Putrid Jaya, api sudah membesar tepat di dalam toko bagian depan. Muliono kemudian berusaha mendobrak pintu depan toko dibantu dengan dua warga lainnya yang bersamaan datang untuk membantu. Mereka berusaha mendobrak pintu secara bersama-sama, namun tidak bisa masuk ke dalam toko lantaran adanya kepulan asap yang disertai kobaran api.

Sempat terdengar suara perempuan yang berteriak minta tolong. Suara tersebut diduga istri pemilik toko yakni Murniati. Warga langsung mendatangi lokasi kejadian dan memberitahu anggota piket Pospol Ternate Tengah untuk menghubungi petugas pemadam kebakaran. Pukul 03.30 WIT, empat unit mobil pemadam kebaran (Damkar) diterjunkan. Sekitar 30 menit kemuidan, api berhasil dipadamkan.

Pada pukul 04.10 WIT, tim evakuasi berhasil menemukan Murniati dan anak dalam kondisi tak bernyawa. Selanjutnya pada pukul 04.20 WIT, Aminulah juga berhasil ditemukan tertimpa reruntuhan bangunan usai kebakaran. Selanjutnya ketiga jenazah ke RSUD Cahasan Boesoerie Ternate.

Penyebab kebakaran tersebut belum diketahui pasti. Kabag Ops Polres Ternate Kompol Jufri Dukomalamo mengatakan, pihaknya masih menunggu tim laboratorium forensic (Labfor) Makassar untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) agar diketahui secara pasti penyebab kebakarannya. ”Namun keterangan dari para saksi api itu berasal dari toko itu sendiri. Jadi, kita tunggu hasil dari labfor,” kata Jufri saat ditemui di Mapolres, (7/3) kemarin. (mg-03/jfr/jpg)

TAGS

Berita Terkait

Megapolitan / Kebakaran Hotel Sheraton, Satu Korban Tewas

Megapolitan / Gudang di Cakung Terbakar

Ekonomi / Pabrik Kacang Garuda Hangus Terbakar


Baca Juga !.