Kamis, 18 Oktober 2018 12:25 WIB
pmk

Indotainment

Emma Watson Pilihan Pertama dan Satu-satunya sebagai Belle

Redaktur:

Emma Watson

INDOPOS.CO.ID - Perjalanan karir Emma Watson tidak akan pernah bisa dilepaskan dari Harry Potter. Betapa tidak, lebih dari separo portofolio aktris 26 tahun itu berisi peran Hermione Granger, penyihir cewek sahabat Harry yang supersmart dan baik hati. Selama 16 tahun berakting, sekitar 10 tahun dia habiskan untuk syuting Harry Potter.

Namun, setelah menyaksikan Beauty and the Beast sepanjang akhir pekan lalu, siapa pun bakal setuju bahwa Emma membawakan peran Belle dengan sangat excellent. Karakter Belle, yang memang sudah rebel di versi animasinya, makin keren di tangan Emma. Belle versi Emma makin tangguh, berani, dan keras hati. Tetapi, di sisi lain, dia menyimpan kelembutan khas princess seperti saat berinteraksi dengan sang ayah dan Beast.

Dalam sebuah wawancara, sutradara Bill Condon menyatakan bahwa Emma adalah pilihan pertama dan satu-satunya untuk memerankan Belle. ’’Dia punya segala kualitas yang dibutuhkan untuk peran Belle. Dia sangat pintar, cantik, dan berbakat,’’ kata Condon kepada Entertainment Weekly. ’’Satu-satunya pertanyaan saat itu adalah apakah dia bisa menyanyi?’’ lanjutnya.

Ya, salah satu syarat mutlak menjadi Disney Princess –atau setidaknya berperan dalam film Disney– adalah bisa menyanyi. Di sisi lain, Emma tidak pernah menunjukkan ketertarikan pada musik. Dia tidak terlalu suka menyanyi di depan banyak orang. Dia bahkan benci karaoke!

Nah, kali pertama bertemu dengan Emma, Condon makin berharap aktris kelahiran Paris itu dapat menyanyi. ’’Soalnya, menurutku, dia sangat cocok untuk peran ini. Dia juga punya passion yang dalam terhadap kisah Beauty and the Beast serta karakter Belle,’’ ujar Condon. Dia lalu meminta Emma menari dengan mengenakan gaun kuning Belle yang ikonik. ’’Saat itu aku merasa, wow, ini dia!’’ ungkapnya.

Ketika itu Condon tidak lagi peduli. Emma harus menjadi Belle, entah bisa menyanyi atau tidak. Kalaupun tidak, dia harus berlatih keras. Itulah yang terjadi. Sejak dinyatakan mendapatkan peran Belle pada akhir 2015, dia menjalani latihan vokal.

’’Aku tidak pernah menyanyi sejak berumur 12 tahun. Ya, aku memang selalu memimpikan ini (membintangi film musikal Disney, Red). Tapi, aku selalu ragu, apakah suaraku masih oke. Aku tak pernah memakainya,’’ jelas Emma dalam wawancara dengan Vanity Fair. ’’Kaget banget waktu aku menyadari ternyata suaraku masih ada dan cukup oke juga,’’ tambahnya, lantas tertawa.

Porsi menyanyi Emma di Beauty and the Beast cukup banyak. Mulai Belle, Belle (reprise), Days in the Sun, hingga lagu romantis tapi lucu, Something There. Paling banyak jika dibandingkan dengan cast lain yang punya background Broadway. Meski sudah berlatih, tetap saja Emma sempat ketakutan.

’’Dikelilingi banyak sekali performer berbakat dan bekerja bareng Alan Menken (maestro musik Disney, Red) bikin standar menyanyiku juga harus naik. Seseorang harus punya keberanian tinggi untuk bisa tampil bersama mereka,’’ tutur Emma. ’’Awalnya, menyanyi di depan tiga orang saja aku takut. Tapi, pada akhirnya aku menyanyi di depan 300 orang,’’ tambah aktris yang juga membintangi Bling Ring dan Regression tersebut.

Tugas Emma memerankan Belle memang tidak sebatas melafalkan skrip dan memperagakan adegan. Dia juga meniupkan jiwa dan karakter terhadap cewek yang ditaksir Gaston tersebut. Banyak twist dalam penampilan Belle yang merayakan sumbangan ide darinya. Termasuk sisi feminis dan keinginannya memberdayakan perempuan.

’’Belle itu smart, emosional, manis, dan romantis. Dia tak lantas menghapus bagian itu dari sifatnya hanya karena dia punya otak,’’ terang Emma. ’’Kurasa Belle adalah salah satu karakter yang paling feminis,’’ lanjutnya. Karakter cantik yang dicintai plus keberanian memasukkan ide-idenya membuat Emma tidak diragukan lagi sebagai putri paling sempurna yang pernah ditampilkan Disney. (adn/c14/na/tia)


TOPIK BERITA TERKAIT: #artis-luar-negeri #film 

Berita Terkait

Hasrat Raline Shah Main Komedia Kesampaian

Indotainment

Mengintip Aksi Yeti di Film Smallfoot

Indotainment

Yanni Tunda Tur ke Indonesia

Indotainment

IKLAN