Megapolitan

Perbaiki Jalan, Pandeglang Siapkan Rp 150 M

Redaktur:
Perbaiki Jalan, Pandeglang Siapkan Rp 150 M - Megapolitan

SIDAK : Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama beberapa SKPD dan TNI turun ke lapangan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan perbaikan jalan yang rusak yang sedang diperbaiki. Foto: Yasril/Indopos

INDOPOS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, secara serius memperhatikan saran jalan jalan kota. Pasalnya, pada tahun 2017 ini pemerintah menargetkan tidak ada lagi jalan yang rusak di wilayah Kabupaten Pandeglang, khususnya yang masuk jalan kota.    

Untuk memperbaiki jalan rusak tersebut, Pemkab Pandeglang telah mengalokasi anggaran sebesar Rp 150 miliar lebih per tahun. Pola penaganan yang dilakakukan pun kini berbeda dari penanganan tahun tahun sebelumnya, yakni dengan sistem kerja tuntas. Artinya, jika satu ruas jalan mengalami kerusaan sepanjang lima kilometer langsung dilakukan penanganan sepanjang lima kilometer.

“Jika dulu penanganan jalan rusak dilakukan secara seporadis dan tidak tuntas. Artinya, dulu jika ada ruas jalan yang rusak sepanjang lima kilometer, yang dilakukan perbaikan hanya sepanjang 1 kilometer. Sedangkan tahun berikutnya tidak dilanjutkan lagi sehingga jalan tersebut terlihat rusak terus,” kata Kadis  Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pandeglang H Anwari Husnira kepada INDOPOS melalui sambungan telepon, kemarin Kamis (23/3).

Menurut Anwari, salah satu kendala yang dihadapi selama ini oleh pemerintah daerah dalam penanganan infrastruktur jalan di Pandeglang adalah, luasnya wilayah dengan anggaran yang sangat terbatas. ”Luas wilayah Pandeglang ini sepertiga dari luas Provinsi Banten, yaitu 2.779 kilometer persegi. Sedangkan anggaran dari APBD sangat terbatas,sehingga penanganan jalan rusak dilakukan secara bertahap atau step by step,” tuturnya.

Tahun ini menurut Anwari, prioritas perbaikan yang dilakukan ialah, ruas jalan yang ada di perkotaan tanpa mengabaikan perbaikan yang ada  di daerah selatan dan daerah lainnya di Pandeglang. ”Dalam mengalokasikan anggaran perbaikan jalan, kami akan melakukan secara proposional dan akan kami konsultasikan dengan DPRD dan masukan dari stake holder lainnya,” terangnya.

Ketika disinggung, berapa target panjang jalan yang akan ditangani tahun ini, mantan Kabag Humas Pandeglang ini menjelaskan, tahun ini pihaknya hanya mampu menangani jalan rusak sepajang 75 kilometer umumnya menggunkan konstruksi rigid beton.

”Tahun 2017 ini kami hanya mampu menangani jalan rusak sepajang 75 Kilometer yang tersebar di 50 titik di beberapa kecamatan dengan alokasi anggaran sebesar Rp 150 miliar yang bersumber dari APBD Pandeglang tahun anggaran 2017 kebanyakan menggunakan konstruksi rigid beton,” tuturnya .

Meski memiliki anggaran yang sangat terbatas, namun pihaknya memastikan akan tetap fokus membenahi infrastruktur jalan yang ada di Pandeglang, untuk mempermudah akses transportasi dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurutnya, jika hanya mengandalkan anggaran dari APBD Pandeglang, pihaknya pesimistis kerusakan jalan di Pandeglang akan dapat tertangani secara maksimal.Untuk itu,perlu adanya bantuan dari pemprov Banten dan pemerintah pusat melalui DAK,agar penanganan jalan rusak di Pandeglang dapat berjalan sesuai rencana.

Selain itu, pihaknya berharap kepada masyarakat untuk besama sama ikut memelihara jalan,dengan menggunakan jalan sesuai dengan kelas jalan.”Masyarakat jangan memaksakan kendaraan besar dan tonase berat ikut melintas di jalan kabupaten,yang membuat perbaikan jalan tidak bertahan lama,” imbaunya.(yas)

Berita Terkait

Megapolitan / Pergeseran Tanah, Satu Rumah Nyaris Ambruk

Megapolitan / Dilintasi Tronton, Jalan di Rumpin Hancur

Megapolitan / NTB: KPAI Temukan Sekolah Tak Layak, Pemda ’Cuci Tangan’

Megapolitan / KPAI Beri Tiga Rekomendasi untuk SDN Sadah

Megapolitan / Hati-hati! Jalan Penghubung Banten-Jabar Terputus


Baca Juga !.