Megapolitan

Jalan Penghubung Bekasi DKI Rusak Parah

Redaktur:
Jalan Penghubung Bekasi DKI Rusak Parah - Megapolitan

BUTUH PERBAIKAN: Kemacetan di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kota Bekasi yang mengarah ke Jakarta.

INDOPOS.CO.ID - Jalan penghubung antara Kota Bekasi dengan DKI Jakarta rusak parah. Ruas Jalan I Gusti Ngurah Rai yang berlokasi di Kelurahan Bintarajaya, Kecamatan Bekasi Barat berlubang-lubang dengan diameter sekitar 3 centimeter (cm).

Akibatnya, nyaris setiap saat terjadi kemacetan di jalan rusak tersebut. Bahkan, kendaraan yang melintas harus antre sepanjang 2 kilometer (km) di jalan itu. ”Karena jalan rusak, terpaksa kendaraan jalan pelan. Akibatnya macet,” terang Yusuf, 42, warga Gang Peoni, Kecamatan Bekasi Barat.

Dia juga mengaku, kemacetan makin parah bila jam berangkat dan pulang kerja. Yusuf menambahkan, kontur jalan yang rusak itu berada di jalan yang mengarah ke DKI Jakarta. Lapisan aspal banyak yang mengelupas bahkan berlubang.

Akibatnya bila hujan menimbulkan kubangan air. ”Kalau jalan harus pelan-pelan, kalau tidak bisa tergelincir sepeda motor saya,” ucapnya juga. Bahkan, dampak jalan rusak itu, banyak pengguna sepeda motor yang melawan arus dari arah Bekasi ke Jakarta.

Menurut dia juga, kerusakan jalan ini sudah terjadi sebulan lalu. Akibat tidak ada perawatan dari dinas terkait, rusaknya lapisan aspal itu kian meluas. ”Sampai-sampai sistem drainase juga tidak berfungsi dengan baik, sehingga air cenderung mengalir ke jalan,” paparnya.

 

Pantauan di lokasi, warga setempat berinisiatif menandakan kubangan itu dengan papan dan pot bunga sebagai tanda adanya kubangan dalam. Hal senada juga dikatakan, Iyan Sopyan, 36 warga lainnya. Menurut dia juga, banyak pengendara motor yang terjatuh karena tidak mengetahui bahwa ada lubang sedalam 30 cm di lokasi.

”Minggu lalu ada yang terjatuh, seorang perempuan dari motornya. Bagian wajahnya luka parah dan tubuhnya kejang-kejang di jalan. Korban dibawa ke RS Islam, Pondok Kopi, Jakarta Timur,” ungkapnya juga.

Iyan menambahkan, ruas jalan itu pernah diperbaiki oleh pemerintah pada akhir 2016 lalu. Namun perbaikan yang dilakukan hanya bersifat sementara, sehingga saat hujan deras mengguyur, lapisan aspal cenderung terkikis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bekasi, Tri Adhianto mengaku bakal mengerahkan petugas untuk mengecek ke lokasi jalan rusak tersebut.Dia menyebut, perbaikan sementara akan dilakukan sambil menunggu kajian soal kelayakan jalan tersebut apakah akan ditingkatkan (dibeton) atau tetap diaspal menggunakan batu makadam.

”Jalan yang rusak akan kita perbaiki dengan melapisi aspal kembali agar pengendara nyaman melintasinya,” terangnya melalui pesan singkat, kemarin (28/3). (dny)

 

Baca Juga


Berita Terkait

Banten Raya / Tiru Amerika, Gunakan Ban Bekas Perbaiki Jalan Rusak

Nusantara / Jalan Rusak Hambat Arus Balik Lebaran di Sambas

Megapolitan / Jelang Mudik, Jalan Rusak di Cibinong Ditambal Konblok

Banten Raya / Jalan Rusak Terpanjang di Banten Berhasil Diperbaiki


Baca Juga !.