Jumat, 16 November 2018 04:27 WIB
pmk

Moto GP

Rossi di Puncak Klasmen, Marquez ke Jalur Juara

Redaktur:

Valentino Rossi

INDOPOS.CO.ID - Setelah dua seri pertama mengecewakan, Marc Marquez kembali ke jalur kemenangan. Juara di Austin jadi cara terbaik untuk rider Repsol Honda itu bangkit, pada balapan di Circuit of the Americas (COTA), Amerika Serikat, Senin (24/4) dini hari WIB. Seperti diketahui, Marquez cuma finis keempat di seri pembuka di Qatar, diikuti balapan mengecewakan di Argentina karena gagal finis akibat terjatuh. Namun Circuit of the Americas terbukti jadi titik kebangkitannya, setelah memastikan diri masih jadi penguasa di sana.

Kemenangan ini membuatnya masih jadi satu-satunya pemenang di lintasan sepanjang 5,5 km itu. Marquez sudah lima kali menang secara beruntun di sana. Hasil itu turut mengembalikannya di persaingan gelar juara dunia. Saat ini Marquez mengoleksi nilai 38 dan menempati urutan ketiga, di belakang duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi (56) dan Maverick Vinales (50).

“Ini adalah kemenangan penting dan sebuah balapan yang penting. Karena setelah Argentina penting untuk bangkit dengan cara terbaik, dengan sebuah kemenangan. Itu adalah balapan yang sulit karena temperaturnya jauh lebih tinggi dari kemarin. Oleh karena itu sebelum balapan saya bilang ke kepala mekanik. Saya mau pakai ban depan hard. Itu adalah balapan yang sempurna untuk saya, benar-benar konsisten, terkontrol, dan saya sangat senang bisa kembali bersaing lagi di kejuaraan,” kata Marquez dikutip Crash.

Kemenangan kelimanya secara berturut-turut, pada Senin (24/4), bagi Rider berpaspor Spanyol sejatinya tak mudah. Seperti nama Marquez begitu lekat dengan lintasan sepanjang 5,5 kilometer tersebut. Bagaimana tidak, sejak diresmikan pada 2014, The Baby Alien –julukan Marquez- selalu keluar sebagai juara. Memang pada saat latihan bebas, ia sempat mendapatkan tekanan dari Maverick Vinales. Namun, jawara MotoGP musim lalu itu membuktikan kelasnya dengan menjadi yang tercepat saat balapan.

Kunci kemenangan Marquez terletak dari usaha dan kerja keras timnya selama latihan bebas. Seperti diketahui, pembalap berusia 24 tahun itu menggunakan ban tipe hard di kedua roda motornya. Hal tersebut berbeda dengan yang digunakan oleh Dani Pedrosa mau pun Rossi. “Balapan yang sulit, meski terlihat mudah. Kami bekerja keras sejak hari Jumat, dengan melakukan beberapa perubahan. Hasilnya seperti yang kami dapatkan sekarang. Kami begitu sangat dekat dan cepat,” ujar Marquez usai balapan.

Marquez mewaspadai rivalnya, Valentino Rossi (Movistar Yamaha). Pasalnya, The Doctor –julukan Rossi- sukses berada di puncak klasemen sementara MotoGP. Seperti diketahui, Marquez baru saja meraih kemenangan di seri ketiga MotoGP 2017 di posisi kedua yang membuatnya mengoleksi 56 poin. Diikuti pembalpa Dani Pedoras di posisi ketiga. Sementara kemenangan Marquez mengantarkannya duduk di peringkat ketiga dengan nilai 38 poin. Memiliki selisih 18 poin dari Rossi membuatnya tetap tampil konsisten, hal tersebut sama seperti yang diperlihatkan Rossi sejauh ini. “Rossi kali ini memimpin kejuaraan, mungkin ia bukan yang tercepat. Namun ia adalah orang yang paling konsisten, itu yang membuat saya menghormatinya dan juga belajar,” ujar Marquez, dikutip Crash. (dts/oks/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #motogp 

Berita Terkait

IKLAN