Senin, 24 September 2018 09:01 WIB
pmk

Formula 1

Dingin, Mercedes Favorit di Sochi

Tidak Percayai Analisa Cuaca
Redaktur:

Lewis Hamilton

INDOPOS.CO.ID -  Tengara legenda balap Formula 1 Niki Lauda bahwa Ferrari lebih kuat di kondisi panas dan Mercedes unggul di kondisi dingin sejauh ini masih valid. Sebastian Vettel memenangi balapan di Melbourne  dan Bahrain yang kondisinya lebih panas. Sedangkan Lewis Hamilton menjadi kampiun di Shanghai dengan suhu udara dingin. Akhir pekan ini sirkus F1 akan datang ke Sochi, Rusia dimana kondisinya akan kembali dingin.

Setelah tiga seri berlalu, Ferrari unggul 2-1 dari Mercedes. Mercedes memiliki masalah dengan degradasi ban. Karena itu ketika kondisi trek panas mereka harus berhati- hati dalam pemilihan ban dan juga strategi pit stop untuk menghadapi Ferrari. Di Sochi, permukaan trek yang halus dan kondisi suhu yang dingin diprediksi akan memanjakan mobil Mercedes W08.

Pada uji coba tengah musim di Bahrain pekan lalu, Hamilton fokus untuk memperbaiki pemakaian ban dalam simulasi balapan. Dia menyelesaikan 97 lap hanya dalam satu hari tes. Jumlah lap tersebut hanya lebih sedikit dari pembalap Sauber-Ferrari Marcus Ericsson yang mengitari Sirkuit Sakhir 106 putaran.

Dalam tes tersebut Hamilton menjajal banyak setingan untuk memastikan bahwa ban tidak mudah aus dalam kondisi udara yang lebih panas, seperti Sakhir. Soal balapan di Sochi akhir pekan ini juara dunia tiga kali tersebut berharap Mercedes akan lebih bergantung pada kemampuan mobil ketimbang performa ban.

“Sochi adalah trek yang lebih lembut, tidak terlalu abrasif pada ban. Jadi (ban) bisa bertahan lebih lama,” ucap pembalap Inggris dilansir Motorsport. Dia yakin dengan kondisi tersebut Mercedes akan lebih kompetitif jika dibandingkan ketika bertarung di Bahrain.

Tapi Vettel tidak ingin percaya bahwa dengan analisa Lauda. Menurutnya, di Shanghai Ferrari tampil sangat baik. Apalagi dalam tiga seri sebelumnya, long run Ferrari terbukti sudah setara, bahkan lebih baik dari Mercedes. Hanya saja pembalap Jerman itu ingin fokus pada performa mobil di sesi kualifikasi. Karena di tiga seri pembuka, mereka tidak pernah meraih pole position dengan selisih waktu cukup lebar sekitar 0,3 detik.

“Aku tidak merasa begitu (akan kesulitan di Sochi), aku rasa kami bisa mengelola balapan dengan baik di setiap seri. Bahkan di Shanghai sekalipun. Jadi kami akan baik-baik saja, kita akan lihat nanti,'' tandasnya.

Vettel juga menyebut cuaca di Sochi biasanya berubah-ubah. Dari perakiraan cuaca, akhir pekan ini Sochi akan cerah dengan suhu udara antara 20-21 derajat celsius. Kondisi tersebut bisa dikatakan dingin untuk balapan. Seperti di Shanghai suhu udara berkisar antara 17-21 derajat.(cak/jpg)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1 

Berita Terkait

IKLAN