Rabu, 21 November 2018 07:20 WIB
pmk

Tekno

Dengan Mino Microbubble Generator Supplai Oksigen Ikan Tercukupi

Redaktur:

Pencipta Mino saat temu wartawan di Kemristek dan dikti

INDOPOS.CO.ID - Kabar baik ini sangat dinanti-nanti oleh petani tambah ikan, khususnya ikan Nila. Belum lama ini tim MINO Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengembangkan teknologi MINO Microbubble Generator. Hasil riset teknologi tersebut mampu meningkatkan oksigen dalam air yang sangat dibutuhkan oleh ikan.

“ Dari hasil penelitian kami secara dalam, inovasi ini bisa meningkatkan ukuran pertumbuhan ikan hingga 40 besar dan petani bisa panen 3 kali dalam setahun,” ujar Nabila Satria, salah satu pencipta MINO Microbubble Generator  di kantor Kementerian Riset, Teknologi(Ristek) dan Pendidikan Tinggi (Dikti) di Jakarta, Rabu (3/5).

Dia menyebutkan, alat ini akan diproduksi massal pada tahun 2018 mendatang. Selanjutnya, dia bersama rekannya akan mematenkan hak ciptanya. Kelebihan alat tersebut, menurut Satria dapat diinject hingga kedalaman1,5 Meter.

“ Alat ini baru difokuskan untuk ikan Nila. Dengan alat ini inkam para petani ikan bisa meningkat 25 persen. Ini sudah kita coba di Yogyakarta,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Fajar Sidik sebagai Chef Technical Officer Tim MINO mengatakan bahwa teknologi microbubble generator yang mereka ciptakan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi dari teknologi sejenis yang beredar di pasar dengan harga yang lebih murah.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Naim mengatakan, penelitian dan inovasi yang dilakukan mahasiswa merupakan embrio dari startup company. Inovasi dan teknologi, menurutnya dapat meningkatkan daya saing bangsa.

“ alat ini akan kita hilirisasi ke industri. Agar bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya. (nas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #teknologi 

Berita Terkait

Nika Muraveva Bawa Meizu ke Indonesia

Indotainment

Biaya Melonjak, Mekanisasi Perkebunan Tebu Mendesak

Nasional

Setiap Generasi Beda Teknologi

Tekno

IKLAN