Sabtu, 17 November 2018 04:09 WIB
pmk

Tekno

Garansi Menkominfo soal Virus 'Mau Menangis' di Indonesia

Apa jaminan dari Rudiantara?
Redaktur: Redjo Prahananda

Ilustrasi peretas

INDOPOS.CO.ID - Serangan virus ransomware WannaCry bembuat banyak negara termasuk Indonesia was-was. Virus ini menyerang bank, perusahaan, layanan telekomunikasi, layananan transportasi, serta rumah sakit.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menjamin, Indonesia terbebas dari virus susulan ransomware Wanna‎Cry di Indonesia. 

"Tidak akan ada serangan susulan (virus ransomware WannaCry)," ujar Rudi di Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta, Senin (15/5).

Dia mengungkapkan, jaminan tersebut karena Kominfo sudah mandapat dokumen analisis dari Federal Bureau of Investigation (FBI). Sehingga, dia berani menjamin virus itu tidak akan menyerang Indonesia.

"Karena sudah dipantau internasional dan sudah pakai dokumen dari FBI," ujar Rudiantara memberi garansi.

Kendati demikian, Rudiantara mengimbau kepada masyarakat dan perusahaan tetap waspada dan tetap memperketat sistem pengamanan.

Rudiantara menyarankan para pengguna, mencabut kabel dan koneksi internet atau wifi, kemudian matikan local area network (LAN), selanjutnya menyalin data-datadi komputer dengan mengunakan hard disk atau tempat penyimpanan lain. "Kalau terjadi sesuatu sudah punya salinan data," dia mengungkapkan.

Virus ini sampai ke Indonesia dan menyerang Rumah Sakit Dharmais. Virus ini menyerang jaminan kesehatan nasional Inggris (NHS), produsen mobil Prancis, Renault, sistem Bank Sentral Rusia terinfeksi.


TOPIK BERITA TERKAIT: #teknologi 

Berita Terkait

Nika Muraveva Bawa Meizu ke Indonesia

Indotainment

Biaya Melonjak, Mekanisasi Perkebunan Tebu Mendesak

Nasional

Setiap Generasi Beda Teknologi

Tekno

IKLAN