Liga Inggris

Jamu Sunderland, Arsenal Tanpa Sanchez

Redaktur:
Jamu Sunderland, Arsenal Tanpa Sanchez - Liga Inggris

INDOPOS.CO.ID - Arsenal tanpa Alexis Sanchez? Itu bagaikan sayur tanpa garam. Begitu pun selama Premier League musim ini. Tidak sekalipun Sanchez absen memperkuat The Gunners – julukan Arsenal. Nah apa jadinya apabila Arsenal tidak diperkuat winger timnas Cile itu? Potensi itulah yang bisa terjadi dini hari nanti WIB.

Tepatnya saat klub asuhan Arsene Wenger itu menjamu Sunderland di Emirates Stadium, London (Siaran Langsung beIN Sports 2 pukul 01.45 WIB). ''Hari ini (kemarin, Red) Sanchez akan menjalani tes. Kemarin (Sabtu, 13/5), kondisinya memang kurang bagus. Tapi, dengannya kalian tak akan pernah tahu,'' kata Wenger dalam situs resmi klub.

''Mungkin itu hanya sedikit tendangan. Masih ada kemungkinan dirinya pulih untuk laga besok (dini hari nanti),'' tambahnya. Ya, Sanchez ditarik keluar pada menit ke-77 ketika Arsenal mengalahkan Stoke City 4-1 di Bet365 Stadium, Stoke-on-Trent. Winger yang berusia 28 tahun itu mengalami sedikit gangguan di pahanya.

Tanpa Sanchez, jalan Arsenal menempel top four diyakini sedikit goyah. Sekalipun yang akan dihadapinya nanti Sunderland, tim yang sudah terdegradasi. Hampir 30 persen gol Arsenal musim ini disumbangkan darinya. Dari 72 gol di Premier League musim ini, Sanchez mencetak 21 gol di antaranya.

Total 11 kali assist-nya pun sudah menggeser peran Mesut Oezil yang di musim lalu bisa menjadi penyumbang assist terbanyak Arsenal di Premier League. ''Di awal dia (Sanchez) lebih  fokus mencetak gol. Dia mengembangkan potensi assist-nya dengan sangat bagus dan sekarang dia bermain di posisi yang ideal untuk kedua tugas itu (mencetak gol dan menyumbang assist),'' tutur pelatih yang dikabarkan akan mendapat perpanjangan kontrak semusim itu.

''Dia jadi pemain yang komplet, dan berkembang sangat baik di sini. Tentu, ini jadi suatu pencapaian yang eksepsional dan saya senang mengatakannya. Untuk menjalankan tugas ganda antara mencetak gol dan menyumbang assist, Anda butuh pemain yang spesial,'' tambah pelatih berusia 67 tahun itu.

Wenger butuh sosok spesial jika Sanchez absen. Musim ini, Arsenal main tanpa Sanchez di luar Premier League. Alex Oxlade-Chamberlain, Alex Iwobi, dan Jeff Reine-Adelaide pernah dimainkan di posisi itu. Tapi, saat Arsenal masih belum bermain dengan formasi 3-4-2-1. Untuk tugas di belakang Olivier Giroud, Wenger bisa menugasi Mesut Oezil dan Danny Welbeck.

Bukan hanya Sanchez. Wenger juga waswas kehilangan kapten Laurent Koscielny. Sang kapten mengalami cedera betis. Khusus untuk posisi Koscielny dalam formasi tiga bek, Wenger bisa memaksimalkan Shkodran Mustafi. Terlepas dari kondisi Sanchez dan Koscielny, motivasi Wenger menyentuh top four belum padam.

Meski, Arsenal masih terpaut empat poin dari Liverpool, dan berselisih satu poin dengan Manchester City di peringkat keempat. Wenger tidak peduli laga tersisa Liverpool dan City. Dia fokus ke timnya sendiri. ''Hanya satu syarat agar kami bisa berpeluang menembus empat besar, ya dengan memenangi semua laga sisa kami,'' koarnya.

David Moyes, pelatih Sunderland, secara terpisah meminta anak asuhnya menghidupkan lagi semangat bermainnya. Meski, klub berjuluk The Black Cats itu sudah degradasi menuju ke kasta kedua musim depan. Seperti saat John O'Shea dkk mampu mengalahkan Hull City, pada 6 Mei lalu. ''Kami harus perbaiki diri, dan berangkat ke London dengan tekad besar,'' kata Moyes, dikutip FourFourTwo. (ren)

Berita Terkait

Bola Dunia / Naik Panggung Trigol

Bola Dunia / Tempel City Terus…

Bola Dunia / Kalahkan Burnley 4-2, Liverpool Tempel Ketat City

Headline / Ditahan Imbang Hotspur, Arsenal Tetap Percaya Diri

Indosport / Van Dijk Pantas Sandang Pemain Terbaik Inggris 2019

Bola Dunia / Adu Sprint Liverpool dan City ke Tangga Juara


Baca Juga !.