Rabu, 26 September 2018 03:54 WIB
pmk

Basket NBA

Antonio Spurs Suram Sambut Home Pertama Final Wilayah Barat

Spurs Tunggu Bintangnya Leonard
Redaktur:

Stephen Curry (nomor seragam 30) dari tim Warriors saat bertanding melawan Houston Rockets.

INDOPOS.CO.ID  - Besok pagi Sabtu (20/5), tim basket San Antonio Spurs menjamu Golden State Warriors di AT&T Center pada game ketiga final playoff wilayah barat. Namun, bukannya girang menyambut game pertama di kandang sendiri, tim asuhan Gregg Popovich malah dirundung ragu.

Bukan hanya karena sudah tertinggal 0-2, Spurs sampai kemarin juga belum mendapat kepastian tentang bintang utama mereka Kawhi Leonard bisa tampil di game tersebut atau tidak. Kemarin pemain 25 tahun tersebut memang hadir di lapangan saat Spurs menjalani latihan. Namun, dia hanya duduk di tepi lapangan tanpa mengikuti drill yang diberikan.

“Dia banyak duduk di pinggir lapangan. Namun juga sempat berlatih di gym bersama staf pelatih untuk melihat lebih jauh kondisi engkelnya,” ucap center Spurs Pau Gasol dilansir ESPN.

Tanpa kehadiran Leonard, di game kedua (17/5) Spurs dihajar Warriors dengan margin 36 poin 100-136. Lebih dari itu, sejak Defensive Player of the Year dua musim terakhir tersebut meninggalkan lapangan pada kuarter ketiga tersisa 7 menit 54 detik di game pertama, performa Spurs langsung anjlok.

Sejak saat itu tercatat total poin mereka tertinggal jauh 133-194 dari Warriors. Persentase tembakan mereka juga menciut dengan hanya mencapai 37 persen. Tembakan tiga angka juga tidak lebih baik. Hanya sukses 8 dari 30 kali percobaan. “Aku harap segera mendapat kepastian bisa menggunakannya (Leonard) di game ketiga,” ucap Popovich.

Namun, jika memang Leonard masih absen, shooting guard Jonathon Simmons yang bersiap kembali dipasang mengisi posisi Leonard. Di game kedua kemarin, dia menjadi satu dari hanya dua pemain Spurs yang mampu mengemas double digit (22 poin). Sayang, starter Spurs lain malah tumpul.

Kabar baiknya buat Spurs, bukan cuma mereka yang dipusingkan perihal cedera di game ketiga. Warriors juga memiliki status tanda tanya tetang dua pemain mereka yakni center Zaza Pachulia dan wingman Andre Iguodala untuk tampil. Iguodala absen di game kedua lantaran cedera lutut kiri. Sementara Pachulia mengalami masalah pada tumit kanannya di game kedua.

Di lain sisi, di tengah kabar cedera engkel yang dia derita, Leonard kemarin masih mendapat kabar bahagia. NBA mengumumkan dirinya kembali masuk dalam skuad All-NBA first team musim ini. Ini membuatnya masuk dalam daftar skuad tersebut dua musim berturut-turut.

Leonard bergabung dengan empat superstar lain yakni LeBron James, James Harden, Russell Westbrook, dan Anthony Davis. Leonard mendapatkan 96 first team vote atau 490 poin. Itu membuatnya menjadi pengumpul poin terbanyak keempat di bawah Harden, LeBron, dan Westbrook.

Raihan ini juga membuat Leonard menjadi pemain Spurs pertama yang berhasil masuk skuad All-NBA first team dua musim berturut-turut sejak Tim Duncan melakukan hal yang sama pada 1998. Saat itu Duncan malah bablas masuk skuad first team tujuh musim beruntun dari 1998 sampai 2005.

Hasil ini sekaligus membuat Leonard menjadi pemain ketiga dalam sejarah NBA yang bisa meraih predikat All-NBA first Team dan NBA Defensive Player of the year masing-masing dua kali. Dua pemain lain yang juga sanggup melakukan itu hanya Hakeem Olajuwon dan Dwight Howard. (irr)


TOPIK BERITA TERKAIT: #basket-nba 

Berita Terkait

Defense LeBron Jadi Pembeda

Basket NBA

Hengkang dari New York Knicks, Melo ke Thunder

Basket NBA

Trade Terbesar Irving-Thomas Bermasalah untuk Game

Basket NBA

Leonard Tidak Dianggap Bintang Basket

Basket NBA

LeBron Berpeluang Gabung Lakers

Basket NBA

Performa Drummond Buruk, Wiggins Mencuat

Basket NBA

IKLAN