Bulutangkis

Pantang Sia-siakan Celah, Tunggal Putra Incar Poin Lawan India

Redaktur:
Pantang Sia-siakan Celah, Tunggal Putra Incar Poin Lawan India - Bulutangkis

Jonatan Christie

INDOPOS.CO.ID - Sosok-sosok muda pada sektor tunggal tim Indonesia menanggung beban yang berat saat mengarungi Piala Sudirman 2017. Di saat tim sangat mengandalkan  ganda putra dan ganda campuran, tunggal putra dan putri memiliki peran penting untuk menggenapkan keunggulan. Nah,  keputusan PP PBSI tidak memanggil pebulu tangkis di luar pelatnas yang lebih berpengalaman menjadi keputusan berani.

Di tunggal putra, dua andalan muda Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting yang mengambil peran besar. Begitu pula di tunggal putri. Ada Fitriani, Dinar Dyah Ayustini dan Gregoria Mariska menjadi pebulu tangkis yang paling siap menyongsong Piala Sudirman.

Khusus di tunggal putri, pelatih pelatnas Minarti Timur menjelaskan, pihaknya realistis dalam menyiapkan skuadnya menjalani babak penyisihan grup 1D. Terutama saat menjalani laga pertama melawan India (23/5) mendatang. Head-to-head pertemuan tunggal putri Indonesia melawan tunggal India masih kalah. ”Ini yang menjadi perhatian kami, optimistis harus dikembangkan, sembari mencuri kesempatan yang ada nantinya,” beber pelatih asal Surabaya itu. Terlebih lagi, India yang mengandalkan Pusarla V. Sindhu jelas menjadi tembok buat pebulu tangkis tunggal putri tanah air.

Sedangkan menghadapi Denmark di laga kedua, peluang tunggal putri Indonesia terbuka cukup lebar. Secara peringkat Fitriani lebih baik ketimbang tunggal terbaik Denmark Line Kjaersfeldt. Fitriani saat ini di peringkat ke-23 dunia, sedangkan Kjaersfeldt di 26 dunia. Apalagi, Kjaersfeldt selama ini harus memecahkan fokusnya dengan tampil di nomor ganda campuran.

”Itu yang harus diambil sisi positifnya, sekecil apa pun celah yang ada harus bisa dimanfaatkan,” beber Kabidbinbinpres PP PBSI Susi Susanti.

Sosok yang juga didapuk sebagai manajer Tim Piala Sudirman Indonesia itu juga tidak tinggal diam atas ketertinggalan yang dialami tunggal putri saat ini. ”Saya juga sering turun memberikan masukan buat adik-adik,” sebutnya.

Sementara itu, tunggal putra secara teknis punya peluang yang lebih besar mendulang poin melawan India. Meskipun demikian, Jonatan mengaku enggan meremehkan wakil India. ”Walaupun kami punya kans yang lebih besar, semua akan bergantung situasi di lapangan,” sebutnya.

Sebab, menghadapi Denmark, tunggal putra mengalami bakal kesulitan. Hal ini berbanding terbalik ketimbang sektor tunggal putri. Viktor Axelsen akan menjadi penantang pesaing berat buat Jonatan ataupun Ginting. ”Kalau saya memang penasaran belum pernah menghadapi Axelsen,” ujarnya. (nap/ady)

Baca Juga


Berita Terkait

Raket / Tim Tunggal Putra Digadang Juara di Piala Sudirman

Raket / The Minions Melihat Persaingan di Ganda Pria

Raket / Ini Kata Tommy setelah Tumbang oleh Lu Guangzu

Raket / Wus, Tommy Mulus


Baca Juga !.