Minggu, 18 November 2018 07:35 WIB
pmk

Liga Italia

Juve Rengkuh Gelar Kedua, Pjanic Bilang Begini

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - The Old Lady atau Si Nyonya Tua, julukan Juventus, akhirnya merengkuh scudetto. Kepastian menjadi juara Liga Italia musim 2016/2017 itu ditentukan setelah Juventus melibas Crotone 3-0 di giornata 37, tadi malam.

Menjamu Crotone di Juventus Stadium, Minggu (21/5), tadi malam WIB, Juventus menurunkan seluruh kekuatan terbaiknya. Tim asuhan pelatih Massimiliano Allegri itu menguasai jalannya pertandingan dari awal hingga ujung laga.

Adalah Mario Mandzukic yang mengawali kemenangan Juve. Mantan striker Atletico Madrid dan Bayern Munich itu menyumbangkan golnya pada menit ke-13. Juventus makin mendominasi saat Paulo Dybala menggandakan keunggulan tim tuan rumah melalui tendangan bebas pada menit ke-39. Di paruh kedua, Juventus hanya bisa mencetak satu gol tambahan melalui Alex Sandro menit ke-83.

Kemenangan ini sudah cukup untuk mengamankan Juventus di posisi teratas klasemen Serie A hingga akhir musim. Mereka kini mengumpulkan 88 poin dari 37 laga, unggul empat poin atas AS Roma yang berada di posisi kedua. Dengan satu laga tersisa, Juventus dipastikan menjadi juara.  Bagi Juventus, ini adalah scudetto ke-33 atau yang keenam secara beruntun. Mereka menjadi tim pertama dalam sejarah yang bisa meraih enam scudetto secara beruntun.

Tampil menekan sejak kick-off, Juventus mendapatkan kesempatan unggul pada menit kedelapan. Sayangnya, tendangan bebas Miralem Pjanic tidak menemui bidang sasaran. Juventus benar-benar unggul lima menit kemudian melalui gol Mandzukic. Memanfaatkan umpan silang Juan Cuadrado dari sisi kanan, Mandzukic yang berada di tiang jauh menyontek si kulit bundar untuk membawa tim tuan rumah memimpin 1-0.

Juventus baru bisa menambah keunggulannya ketika pertandingan berusia 39 menit. Pelanggaran terhadap Cuadrado di luar kotak penalti berbuah tendangan bebas untuk Juve. Dybala yang menjadi eksekutor tendangan bebas tersebut berhasil mengirimkan bola melewati pagar hidup pemain Crotone dan membuat kiper Alex Cordaz hanya terdiam.

Tak ada gol lainnya di sisa babak pertama. Juventus masih unggul 2-0 saat turun minum. Juventus berpeluang mencetak gol ketiga pada awal babak kedua. Namun, tembakan Cuadrado dari sudut sempit bisa diantisipasi oleh Cordaz.

Dalam sebuah serangan balik pada menit ke-56, Dybala langsung berhadapan dengan Cordaz dan menjebol gawang Crotone. Namun, gol ini tak disahkan oleh wasit lantaran Dybala lebih dulu terperangkap jebakan offside. Peluang yang didapatkan Pjanic pada menit ke-75 tak berbuah gol untuk Juve. Tembakannya dari dalam kotak penalti masih melenceng dari sasaran.

Crotone sebetulnya bukan tak memiliki peluang. Pada menit ke-79, misalnya, mereka sempat membahayakan gawang Gianluigi Buffon melalui tembakan jarak jauh Andrea Barberis. Beruntung buat Juve, bola tembakan Barberis masih sedikit melebar.

Tujuh menit menjelang berakhirnya waktu normal, Juventus memperbesar keunggulannya menjadi 3-0. Sundulan Alex Sandro meneruskan sepak pojok Dybala mengenai mistar dan kemudian memantul ke tanah. Dengan bantuan teknologi garis gawang, wasit menyatakan bahwa telah terjadi gol.

Di injury time, Mandzukic nyaris mencetak gol melalui tendangan spekulasi dari jarak jauh. Namun, tembakannya ditepis oleh Cordaz.

Usai pertandingan, salah satu andalan Juventus Miralem Pjanic mengucapkan terima kasih kepada pelatih, Massimiliano Allegri. Ia merasa permainannya berkembang di bawah arahan Allegri. Pjanic bergabung dengan Juve awal musim 2017. Ia didatangkan dari rival berat mereka, AS Roma.

Selama mengenakan seragam Juve, Pjanic sudah merumput 44 kali dengan sumbangan sebanyak delapan gol. "Allegri sudah membantuku untuk tumbuh, bos sangat penting untukku tahun ini dan seperti pemain lainnnya, aku jelas sudah mengalami peningkatan," ucap Pjanic di Football Italia. "Saya memang banyak belajar, terimakasih untuk semua grup, bos, staf, dan semua orang," katanya.

Bersama Juve musim ini, Pjanic sudah memenangkan Coppa Italia. Mereka masih mempunyai kans untuk menjuarai Liga Italia dan Liga Champions. Juve bisa memastikan gelar juara Serie A akhir pekan ini kalau bisa memetik kemenangan atas Crotone. (xam)

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Dani Alves, Bonucci, Benatia, Alex Sandro; Marchisio (Lemina 74'), Pjanic (Rincon 84'); Cuadrado (Barzagli 70'), Dybala, Mandzukic; Higuain

Crotone: Cordaz; Rosi (Sampirisi 35'), Ceccherini, Ferrari, Martella; Rohden (Acosty 78'), Crisetig, Barberis, Nalini; Tonev (Nwankwo 57'), Falcinelli 


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-italia 

Berita Terkait

Bukan Striker Bengal

Indosport

Badai Bikin Tuan Rumah Gigit Jari, Genoa 1 vs Napoli 2

Liga Italia

El Faraon Pembeda

Liga Italia

Kontra Juventus, Don Carlo Dibikin Pusing Tujuh Keliling

Liga Italia

Jamu Fiorentina, Inter Siap Kikis Ancaman Trio Terlaris

Liga Italia

Jadwal Lengkap Pekan Keenam Serie A 2018-2019

Liga Italia

IKLAN