Liga Inggris

450 Pedayung Ikuti Lomba DBF 2017

Redaktur:
450 Pedayung Ikuti Lomba DBF 2017 - Liga Inggris

SEMANGAT: 35 tim perahu naga, mengikuti Dragon Boat Festival (DBF) 2017 di Waterfront Baywalk Mall Pluit, Sabtu (20/5) .

INDOPOS.CO.ID - Sebanyak 450 pedayung dari 35 tim perahu naga, mengikuti Dragon Boat Festival (DBF) 2017 yang berlangsung di Waterfront Baywalk Mall Pluit, Sabtu (20/5) kemarin.  Ajang ini sekaligus menjadi wadah pencarian bibit-bibit atlet yang potensial untuk Indonesia.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) Pengurus Besar Olahraga Persatuan Dayung Seluruh Indonesi (PB Podsi) DKI Jakarta, Qurrotul Ayun mengatakan, pihaknya terus melakukan pembinaan dan tidak berhenti untuk melakukan pencarian atlet yang berbakat untuk mewakili DKI Jakarta pada setiap event kejuaraan. Apalagi ajang ini diikuti peserta dari berbagai negara seperti Jepang, Hongkong, Tiongkok dan Jamaica.

"Kami menyebutnya sebagai talent scouting. Karena dalam melakukan pembinaan sangat membutuhkan banyak atlet. Misalkan kami butuh enpat puluh atlet, maka kami akan panggil sekitar delapan puluh atlet untuk ikut seleksi. Terutama kelas pelajar dan usia muda yang memiliki jenjang karir yang panjang," kata Ayun.

Ayun menambahkan, setelah ajang ini, para peserta yang potensial akan dipanggil untuk mengikuti training camp di Jakarta pada Juni-Juli 2017. Nantinya, sekitar 50-60 pedayung khususnya yang duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) akan diseleksi dan menjalani latihan. 

Dari sekian banyak pelajar, Podsi DKI akan memilih sampai menemukan atlet yang terbaik. Kelas pelajar paling mendominasi di event ini. Terdapat delapan sekolah jenjang SMP dan SMA yang ikut bertanding, dengan jumlah ratusan siswa. 

"Seleksi tidak main-main dan berjalan dengan ketat. Akan ada beberapa kali latihan dalam satu pekan. Nanti pasti akan terlihat siapa siapa saja yang memang berniat menjadi atlet dayung DKI. Karena di DKI ini agak sulit untuk mencari atlet yang tangguh. Jadi kami akan terus mencari regenerasi melalui ajang seperti ini," ungkapnya. 

Wanita yang menjabat sebagai ketua penyelenggara ini menjelaskan, di ajang ini ada tim lapis dua DKI yang ikut bertanding. Dengan tujuan sebagai pemanasan dan melepaskan emosi bertanding bagi para atlet sebelum berlaga di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) September nanti. 

"Lumayan untuk pemanasan dan terus menambah jam terbang bertanding. Karena Popnas nanti kami menargetkan dua emas, dua perak dan dua perunggu. Jadi perlu persiapan yang matang," tuturnya. 

Sedangkan Chief Executive Officer Baywalk Mall Pluit Ellen Hidayat mengatakan, selain untuk memberikan hiburan dan tontonan menarik kepada pengunjung, pihaknya juga ingin berkontribusi dalam peningkatan prestasi atlit dayung Indonesia dengan menyediakan sarana lomba.

"Diharapkan dengan mengadakan lomba Dragon Boat di Mall seperti ini, masayarakat juga dapat mengenal lebih dekat tentang cabang olahraga ini," tandasnya.(bam)

TAGS

Berita Terkait

Total Sport / Nadal Mundur Mubadala World Tennis Championship di Abu Dhabi

Total Sport / Indonesia Ikut Zurkhaneh, Apa Itu?

Total Sport / Jogjakarta dan Jawa Tengah Kuasai Kejurnas Korball

Total Sport / Tekuk Kalbar, Tim Voli Junior Banten Juara Grup

Total Sport / 400 Peserta Ikuti Senam Pernapasan


Baca Juga !.