Rabu, 26 September 2018 04:19 WIB
pmk

Formula 1

Ferrari Menggaet Pendapatan Terbanyak

Redaktur:

Tim Ferrari mencatatkan sebagai tim yang mempunyai pendapatan terbesar dibanding tim-tim ajang Formula One (F1) lain, terutama Mercedes. Meski tak menjadi juara.

INDOPOS.CO.ID - Meski tak menjadi juara dunia konstruktor pada Formula 1 musim lalu, ternyata Ferrari mampu meraup pendapatan lebih tinggi ketinbang Mercedes. Baru-baru ini, terungkap berapa dana yang diterima tim-tim yang bertarung di F1. Ferrari memperoleh pemasukan terbesar hingga USD 180 juta atau sekitar Rp 2,398 triliun. Sementara, Mercedes hanya meraup USD 171 juta.

Pendapatan diperoleh dari pihak penyelenggara, hak siar televisi, dan pemasukan lainnya seperti sponsor. Dari pihak penyelenggara, jalur pendapatan berasal dari dua hal. Petama berdasarkan kualifikasi tim dalam 2-3 tahun terakhir, lalu mengacu pada peringkat di klasemen konstruktor pada musim lalu.

Dalam hal peringkat klasemen, Mercedes mampu meraup pendapatan hingga USD 61 juta, disusul Red Bull dengan USD 52 juta, dan Ferrari yang berada di peringkat ketiga dengan USD 41 juta. Hanya ada satu tim yang tak menerima pendapatan ini, yakni Manor, karena tak ambil bagian pada balapan musim 2017.

Infonya, pembayaran kepada tim akan dilakukan dalam 9 kali tahapan dan dimulai April ini. Ferrari memang kalah dalam konteks peringkat konstruktor 2016, namun menerima pendapatan dari sumber lain yang sangat besar.

Sementara, Red Bull juga menerima pembayaran ekstra sebesar USD 35 juta karena perjanjian dengan pihak penyelenggara hingga 2020. Adapun perputaran uang di F1 2016 dipredikasi mencapai USD 1,83 miliar atau Rp 24,3 triliun dengan perkiraan pendapatan menyentuh USD 1,38 miliar alias Rp 18,3 triliun. (ira/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1 

Berita Terkait

IKLAN