Senin, 10 Desember 2018 10:38 WIB

Ekonomi

Peringati Hari Keanekaragaman Hayati, Ini yang Dilakukan PT. Korindo Abadi

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

ILUSTRASI

INDOPOS.CO.ID-Memperingati Hari Keanekaragaman Hayati, PT. Korindo Abadi yang mewakili Korindo Grup menggelar aksi sosial menanam berbagai pohon, bibit ikan dan pelepasan burung guna menjaga pelestarian alam.

"Dalam 5 tahun terakhir, Korindo sudah melakukan penanaman pohon di beberapa kota di Indonesia, selain juga pembersihan Ciliwung dan pembagian tenpat sampah di sekolah-sekolah," ujar CEO Korindo Group, Mr. Robert Seung,di Taman Hutan Kota Cempaka, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (20/5/17).

Di tempat yang sama, Dirjen Pengenalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung KLHK, Hilmar Nugraha menyampaikan aksi penanaman pohon sebanyak 5000 pohon dan penyebaran bibit ikan di Kota Jakarta yang dilakukan Korindo mesti di tiru bagi perusahaan-perusahaan lain.

"Jika dalam 1 tahun Korindo bisa menanam 10 hektar, maka nantinya selama 10 tahun sudah mencapai 100 hektar yang di tanami oleh Korindo. Ini patut di apresiasi. Kami pemerintah juga sangat apresiasi, saya berharap akan lahir Korindo-Korindo lain," ujarnya.

Ditambahkan, rencananya pada bulan besok (Juni, red) akan diluncurkan prangko dengan tema tanam 25 pohon selama hidup perorang. "Tanam pohon selagi masih ada ruang, usahakan air hujan jatuh di sumur resapan," imbuhnya.

Sementara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Timur, Sofian Tahir menyampaikan, pemerintah DKI Jakarta memberi apresiasi kepada Korindo yang telah berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam, khususnya di ibukota Jakarta.

"Kami berharap pemerintah DKI Jakarta dapat menjadikan taman kota seperti ini dijadikan destinasi wisata, luaskan lagi danau dan dibangun restoran atau rumah makan agar bila peengunjung yang datang tidak perlu keluar lokasi untuk makan," katanya.

Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Jafar Muchlisin mengungkapkan agar ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan juga saling menjaga."Selanjutnya, bagaimana kita masing-masing menjaga untuk kehidupan dimasa yang akan datang dengan menambah ruang terbuka hijau (RTH)," ujarnya.

General Manager HRD dan CSR Andre Roberto mengutarakan pelestarian ?eanekaragaman hayati ini menjadi tema pada kegiatan kali ini, untuk memaksimalkan pelestarian lingkungan di Jakarta. "Kami akan memberi edukasi penanaman pohon bagi pelajar SMP, nantinya akan dapat mereka menikmati 10 tahun yang akan datang," katanya.

Dalam aksi penanaman bibit pohon tersebut, Korindo melibatkan 922 siswa-siswi dari Sekolah Menengah Pertama Negeri antara lain, SMPN 196, SMPN 230, MTsN 22, SMPN 147, SMPN 283 dan SMPN 9. Dari penanaman bibit pohon tersebut dilakukan secara serentak di 3 lokasi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Selain berkontribusi bibit tanaman perdu, Korindo Group juga memberikan 100 ekor burung untuk dilepaskan di area hutan kota tersebut, begitu juga melepaskan 1.000 ekor bibit ikan pada kolam-kolam di area taman hutan kota Cempaka dan di 3 taman hutan kota dikawasan Kecamatan Cipayung dan Kecamatan Ciracas Jakarta Timur.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kasudin Kehutanan Jakarta Timur, Camat Cipayung Iin Muthmainah serta beberapa lurah di lingkungan kecamatan Cipayung dan Ciracas.(ibl)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #bisnis 

Berita Terkait

IKLAN