Kamis, 13 Desember 2018 06:12 WIB

Ekonomi

VIVA Pangkas Bunga Pinjaman

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

ILUSTRASI

INDOPOS.CO.ID-Bakrie Group, Visi Media Asia (VIVA) berencana memperpanjang tenor utang kepada Credit Suisse 4-5 tahun. Itu dilakukan guna mendapat bunga pinjaman lebih fleksibel. Maklum, perusahaan pada periode 2013, mendapat pinjaman dengan tingkat bunga 20 persen.

”Kami harap dengan perpanjangan tenor utang, bunga pinjaman makin menurun,” tutur Presiden Direktur Visi Media Asia, Anindya N Bakrie.

Bunga tawaran saat ini berada di kisaran 12-12,5 persen. Nah, dengan perpanjangan tenor 4-5 tahun, perusahaan bakal menghemat 8 persen. Emiten penyiaran televisi free-to-air (FTA) milik Bakrie Group itu memiliki utang dari Credit Suisse AG, cabang Singapura senilai pokok USD 230 juta diperoleh pada 1 November 2013 silam.

Sejalan dengan turunnya bunga pinjaman, perusahaan akan hemat USD 20 juta dalam pembayaran bunga. Bunga pinjaman menurun, bisa dipakai untuk meningkatkan working capital dan membuat cash flow lebih ringan.

Perusahaan memproyeksi pertumbuhan pendapatan mencapai 11 persen dan laba operasional mencapai 30-40 persen hingga penghujung tahun ini. Tahun lalu, Group Bakrie berencana melepas sebagian saham perusahaan untuk melunasi utang kepada Credit Suisse. Namun, rencana urung dilakukan menyusul pendapatan cukup signifikan.

Lonjakan peringkat utang diberikan Standard and Poor's (S&P) kepada Indonesia, menjadi kesempatan baik bagi perusahaan. Itu karena investor asing akan menilai investasi di Indonesia semakin menarik. ”Kondisi itu menjadi peluang bagi kami,” imbuh Anin.

Pada kuartal pertama tahun ini, perusahaan membukukan pendapatan senilai Rp 665,13 miliar. Menanjak 28,1 persen dari periode sama 2016 di kisaran Rp 519 miliar. Adapun pertumbuhan marjin EBITDA tercatat sebesar 22 persen menjadi Rp 214 miliar. Raihan itu klaim manajemen cerminan dari strategi konvergensi untuk pertumbuhan, telah dijalankan sejak 2014, mensinergikan stasiun televisi free to air (FTA) ANTV dan TvOne dengan portal digital. (far)


TOPIK BERITA TERKAIT: #viva #bakrie 

Berita Terkait

Viva Lunasi Utang USD 252 Juta

Ekonomi

Pendapatan Viva Tumbuh 9 Persen

Ekonomi

VIVA Tekan Cost of Capital

Ekonomi

IKLAN