Alfredo Vera Resmi Latih Persebaya Surabaya

INDOPOS.CO.ID – Manajemen Persebaya resmi menunjuk Angel Alfredo Vera sebagai nahkoda baru bagi tim berjuluk Green Force itu menggantikan Iwan Setiawan.

Pelatih berkebangsaan Argentina itu resmi diperkenalkan manajemen dan menyapa puluhan Bonek yang hadir, Sabtu.

Baca Juga :

Liga 1 dan 2 Ditunda, Persija Tetap Gelar latihan

Pemilihan Vera ditentukan setelah mengeksplorasi sejumlah opsi dalam beberapa pekan terakhir. Nama Vera juga tidak asing bagi pecinta sepak bola di tanah air. Tahun lalu, dia membawa Persipura Jayapura kampiun Indonesia Soccer Championship (ISC) A.

''Ada begitu banyak pelatih menyatakan minat dan menghubungi Persebaya dalam beberapa pekan terakhir. Ada sejumlah pelatih pula telah kami hubungi, bahkan temui dan wawancara langsung. Pada akhirnya, kami merasa cocok dan nyaman dengan Alfredo. Selain punya track record baik, dia juga sudah sangat siap, sudah punya visi dan perencanaan yang detail untuk Persebaya di masa istirahat ini,'' kata Azrul Ananda, presiden klub Persebaya.

Baca Juga :

Pernyataan Azrul tidak berlebihan. Saat masuk menggantikan Jafri Sastra di pertengahan ISC A tahun lalu, Vera mampu mengatrol posisi Persipura yang sempat terseok-seok pada awal kompetisi. Di tangan Vera, Mutiara Hitam—julukan Persipura—saat itu langsung melesat ke puncak lewat torehan 15 kali kemenangan, 4 kali seri, dan hanya menelan 2 kali kalah. Selain itu, Persipura juga memasukkan 38 gol, dan kemasukan 13 gol.

Sentuhan ala Tango itulah yang diharapkan dapat ditularkan Vera kepada Rendi Irwan dkk yang sedang berjuang di penyisihan Grup 5 Liga 2. Kemampuan meracik strategi jitu dan mengangkat moral akan sangat berguna bagi Persebaya yang didominasi pemain muda.

Baca Juga :

LIGA 1 dan 2 Indonesia Dibuka

Atas pertimbangan itulah, manajemen menjatuhkan pilihan kepada mantan defender yang pernah merumput bersama PSS Sleman pada musim 2008-2009 itu. Vera berhasil menyisihkan beberapa nama kandidat lain untuk mengisi posisi sebagai pelatih kepala Persebaya.

Bersamaan dengan Alfredo, manajemen Persebaya juga mengikat kontrak Esteban Horacio Busto. Mantan gelandang berkebangsaan Argentina yang pernah merumput bersama Persis Solo dan Persikota Tangerang itu diplot sebagai asisten pelatih.

''Senang rasanya mendapat kesempatan menangani tim yang hebat, dengan nama dan reputasi besar. Di satu sisi saya bangga dan senang, di sisi lain, ini tugas yang sangat berat karena ekspektasi yang begitu besar,'' ujar Vera, yang telah mempelajari secara khusus tim Persebaya dalam beberapa pertandingan terakhir.

Andy Kristiantono selaku koordinator Bonek juga menyambut baik keputusan manajemen mendatangkan Vera. Menurut pria yang akrab disapa Andie Peci itu mengharapkan bahwa di tangan Vera Persebaya bisa semakin kompetitif dan promosi ke Liga 1 tahun depan.

"Persebaya adalah klub fenomenal. Klub besar dan tekanan di dalamnya, termasuk untuk pelatih juga besar. Kritik yang membangun dan tekanan mengenai kinerja pelatih dari suporter sangat wajar terjadi,'' kata Andie disinggung apabila Vera gagal memperbaiki prestasi Persebaya nanti.

Di samping itu, Vera juga akan langsung memimpin latihan mulai besok yang bertepatan dengan berakhirnya masa libur sepekan yang diberikan kepada Rendi Irwan dkk dalam menyambut bulan suci Ramadan. Azrul Ananda mengharapkan doa dan dukungan dari para penggemar Persebaya untuk barisan pelatih baru ini.

''Mari beri mereka waktu dan ketenangan untuk fokus menghadapi kelanjutan Liga 2 setelah Idul Fitri nanti. Kami ingin menyuguhkan yang terbaik, meraih hasil yang terbaik,'' pungkasnya. (io)

Komentar telah ditutup.