Hukum

KPK akan Lihat Sikap Kooperatif Sjamsul Nursalim untuk Penuhi Panggilan

Redaktur: Ali Rahman
KPK akan Lihat Sikap Kooperatif Sjamsul Nursalim untuk Penuhi Panggilan - Hukum

INDOPOS.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil pemilik saham Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI) Sjamsul Nursalim dalam kasus dugaaan korupsi terkait penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) kepada Bank Dagang Negara Indonesia (BDNI). Sjamsul akan diperiksa bersama istrinya, Itjih Nursalim untuk tersangka mantan Kepala BPPN Syafrudin Tumenggung.

"Kita akan melihat iktikad baik dan sikap kooperatif dari saksi untuk memenuhi panggilan hukum oleh KPK," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin (29/5).

Febri mengatakan, melalui panggilan ini Sjamsul dan istrinya dapat menyampaikan klarifikasi, data atau informasi yang benar menurut saksi. "Termasuk jika dikatakan semua kewajiban sebenarnya sudah dilunasi," ujar Febri.

Ditambahkan bahwa dalam melakukan panggilan terhadap Sjamsul, KPK bekerjasama dengan CPIB untuk menyampaikan surat panggilan ke alamat Sjamsul di Singapura.

Pada 25 April lalu, KPK menetapkan mantan Kepala BPPN Syafruddin Arsyad Tumenggung sebagai tersangka dalam kasus pemberian SKL BLBI kepada BDNI. Dia diduga melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri, orang lain, dan korporasi sehingga merugikan keuangan negara sebesar Rp 3,7 triliun.

Penyelidikan kasus BLBI telah dilakukan KPK sejak 2014 lalu. Penetapan tersangka Syafruddin setelah KPK menemukan alat bukti yang cukup berdasar gelar perkara (ekspose) dan permintaan keterangan sejumlah pihak.

KPK menemukan adanya indikasi korupsi dalam pemberian SKL kepada Sjamsul Nursalim, selaku pemegang saham pengendali BDNI pada 2004. SKL itu terkait pemenuhan kewajiban penyerahan aset oleh sejumlah obligator BLBI kepada BPPN.

Meski baru mengembalikan aset sebesar Rp 1,1 triliun dari total Rp 4,8 triliun, Sjamsul telah menerima SKL dari BPPN. Padahal, Sjamsul masih harus membayar Rp 3,7 triliun. (put/JPG)

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.