Rabu, 19 September 2018 08:36 WIB
pmk

Formula 1

Kali Ini Mercedes malah Underdog

Redaktur:

Lewis Hamilton

MONTE CARLO - Sejak Formula 1 memperkenalkan mesin turbo hybrid pada 2014 Mercedes tampil mendominasi perebutan gelar juara dunia, baik pembalap maupun konstruktor. Tetapi setelah GP Monaco Minggu (28/5) sudah jelas bahwa tim pabrikan Jerman tersebut kini berubah status menjadi “underdog”.

Bintang Ferrari Sebastian Vettel memenangi tiga dari enam seri balapan yang sudah berlangsung sejauh ini. Dengan Kimi Raikkonen mengamankan posisi runner-up pada balapan tersebut skuad Italia tersebut mencatatkan kemenangan 1-2 pertamanya sejak musim 2010. Nyaris tujuh tahun.

Kemenangan besar itu mengerek posisi Ferrari kembali puncak klasemen konstruktor. Di saat yang sama Vettel meneguhkan posisinya sebagai pemuncak klasemen pembalap dengan keunggulan 25 poin dari jagoan Mercedes Lewis Hamilton. Selisihnya menjadi lebih lebar jika disandingkan dengan rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas di posisi ketiga yakni 29 poin.

“ Mereka (Ferrari) memiliki mobil tercepat saat ini. Aku senang dengan sebutan underdog, karena orang ingin menyaksikan tim underdog menang,'' ucap Bos Mercedes Toto Wolff. Mercedes memenangi 54 dari 64 balapan sejak mesin baru F1 diperkenalkan sampai tiba pada GP Monaco Minggu lalu. Mercedes sebenarnya memenangi setengah dari enam balapan pembuka musim ini. Tapi tidak didominasi oleh satu pembalap saja seperti Ferrari, karena Bottas sudah meraih satu kemenangan.

Di Monaco, juara dunia tiga kali F1 Hamilton start dari urutan 13 dan finis ketujuh. Sementara Bottas finis di posisi keempat. ''Inkonsistensi ini terus mengikuti kami sepanjang musim dan berkebalikan dengan Ferrarim, sejak uji coba di Barcelona mereka selalu cepat sejak awal. Jadi ya, kami adalah underdog sejak awal  musim dan kami harus mengejar mereka,'' tandasnya.

“Jelas, situasinya tidak akan mudah setelah ini. Jelas bagiku bahwa Ferrari telah memilih pembalap nomor satu mereka, jadi mereka akan melakukan apapun untuk memastikan Sebastian tampil maksimal di setiap pecan,” ucap Hamilton dilansir Crash.

Dengan selisih 25 poin Hamilton mengakui posisinya kini semakin. Memastikan setiap pekan mengamankan enam poin (dengan perhitungan Hamilton menang Vettel runner up) untuk mengejar defisit adalah targetnya. (cak)


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1 #balap-mobil 

Berita Terkait

IKLAN