Nusantara

Kubar Dihantui Longsor dan Kebakaran

Redaktur:
Kubar Dihantui Longsor dan Kebakaran - Nusantara

INDOPOS.CO.ID – Selain bencana banjir, Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, diadang bencana tanah longsor dan potensi bahaya kebakaran lahan dan permukiman. Kedua bencana itu perlu diantisipasi dini. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubar Jenton menyebutkan, potensi bencana longsor di Gunung Naga, Kecamatan Linggang Bingung. Badan jalan sepanjang 80 meter itu sebagian badan jalannya sudah longsor.

“Kini badan jalan itu tinggal menunggu waktu akan segera menyusul longsor,” kata Jenton kepada media ini, kemarin. Jika longsor, kata dia, dipastikan beberapa kampung menjadi terisolasi. Karena tidak ada ruas jalan alternatif yang digunakan atau akses ke ibu kota kabupaten. Kampung yang bakal terisolasi itu adalah Kampung Intu Linggau dan beberapa kampung lainnya.

Upaya harus dilakukan, saran dia, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kubar harus segera bersikap. Setidaknya melakukan antisipasi agar longsor tidak meluap. Di antaranya, melakukan penurapan. Menurut dia, warga Intu Linggau sangat memerlukan akses jalan tersebut ke ibu kota kabupaten dan kecamatan sekitarnya. Akses ini pun sebagai mobilisasi sembilan bahan pokok yang dibeli di Kecamatan Linggang Bigung.

Sedangkan, potensi kebakaran hutan dan permukiman, Jenton mengungkapkan, untuk kebakaran lahan atau hutan ada tersebar di beberapa kecamatan. Besarnya potensi ini, karena banyak warga pemilik lahan yang mengabaikan. Sehingga lahan perkebunan menjadi ditumbuhi semak belukar. “Kalau ada puntung rokok saja bisa berpotensi kebakaran lahan atau hutan,” katanya.

Demikian soal potensi kebakaran permukiman. Menurut dia, banyak rumah warga yang memasang instalasi listrik di luar aturan. Satu rumah yang ada meteran listrik disambung ke beberapa rumah. Yang membuat rawan, sambungan listriknya tidak sesuai aturan. Sehingga memiliki potensi yang besar terjadinya kebakaran rumah. (rud/kri/k9/jpg)

Berita Terkait

Megapolitan / Kebakaran Hotel Sheraton, Satu Korban Tewas

Megapolitan / Gudang di Cakung Terbakar

Ekonomi / Pabrik Kacang Garuda Hangus Terbakar


Baca Juga !.