Kamis, 15 November 2018 10:04 WIB
pmk

Formula 1

Vettel Puncaki Klasmen F1, Sekali DNF atau Habis Bagi Mercedes

Redaktur:

Lewis Hamilton

INDOPOS.CO.ID - Kemenangan Sebastian Vettel di GP Monaco langsung membawa bintang Ferrari itu memuncaki klasemen Formula 1 dengan keunggulan 25 poin. Mercedes akhirnya harus mengakui bahwa misinya merebut juara dunia untuk keempat kalinya musim ini bisa pupus jika tidak ada “keajaiban” yang terjadi di 14 seri tersisa.

Keajaiban yang dimaksud adalah jika Vettel setidaknya satu kali gagal finis pada sisa musim. Pernyataan itu diutarakan Non-Executive Chairman Mercedes Niki Lauda mengomentari peluang timnya kembali menjadi juara musim ini. “Satu hal yang pasti adalah Vettel harus gagal finis setidaknya sekali. Kalu tidak, kami selesai,” katanya dilansir Motorsport.

Mercedes mengalami kesulitan dengan penggunaan ban ultrasoft di Monaco. Ban jenis ini adalah yang paling lunak di antara pilihan lainnya. Masalah tersebut diprediksi akan berlanjut di dua seri berikutnya, yakni Montreal (Kanada) dan Baku (Azerbaijan).

Dua sirkuit tersebut tidak memerlukan downforce yang besar, sehingga membuat cengkeraman ban menjadi lebih sedikit. “Kami harus mencari solusi untuk masalah ban ini. Mobil harus lebih ramah pada penggunaan ban apapun,” ungkap Lauda kepada Kronen Zeitung.

Ferrari, kata Lauda, mendapatkan momentum positif dengan memanfaatkan kelemahan Mercedes tersebut. Sehinga jika Ferrari tetap mempertahankan keunggulannya seperti ini, gap di antara keduanya akan semakin lebar sebelum jeda musim panas tahun ini. “Dan itu alarm buat kami,” imbuh juara dunia tiga kali Formula 1 tersebut.

Bintang Mercedes Lewis Hamilton mengakui bahwa situasi sulit di Monaco bisa terulang lagi pada sisa musim. Dengan posisi Ferrari yang konsisten cepat di semua lintasan, yang bisa dilakukan Mercedes adalah segera mencari solusi. “Apapun masalah yang dihadapi kami berharap itu tidak akan terulang lagi di masa depan,” ujar Hamilton yang start dari posisi 13 di Monaco dan beruntung bisa tetap meraih poin setelah finis ketujuh.

Pembalap Inggris tersebut menegaskan bahwa Mercedes bukan tidak siap menghadapi GP Monaco. Faktanya adalah semua yang sudah dipersiapkan ternyata tidak memenuhi ekspektasi. “Dan mobil kami benar-benar berada di tempat berbeda dari yang kami prediksi sebelumnya. Kami tahu Ferrari bukanlah tim yang anti peluru (tidak memiliki kelemahan). Apa yang mereka miliki akan habis seiring waktu berjalan. Jadi mari kita lihat,” ujar Hamilton. (cak/nur)


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1 #balap-mobil 

Berita Terkait

IKLAN