Rabu, 26 September 2018 09:58 WIB
pmk

Formula 1

Ferrari Berharap Berikan Pertarungan Menarik, Mercedes Bakal Dominan

Redaktur:

Lewis Hamilton

INDOPOS.CO.ID - Ketika bintang Ferrari Sebastian Vettel unggul 25 poin atas rival terdekatnya Lewis Hamilton setelah GP Monaco, sepertinya asa Mercedes untuk mengejar defisit terlihat mustahil. Bahkan, Non Executive Chairman Mercedes Niki Lauda menyatakan, harapan Hamilton bisa hidup kembali jika Vettel mengalami minimal satu kali do not finish (DNF).

Namun di GP Kanada dua pekan lalu, Mercedes tak perlu menanti Vettel DNF untuk mengejar defisit. Dan akhir pekan ini di GP Azerbaijan, mereka berpeluang besar mengeprasnya lagi.

Saat ini Hamilton tertinggal 12 poin dari Vettel di klasemen pembalap. Sementara di klasemen konstruktor, Mercedes memimpin. Di sirkuit jalanan Baku, dengan trek lurus panjang hingga 2,2 kilometer, power mesin Mercedes akan sangat digdaya menghadapi ancaman skuad Kuda Jingkrak.

Bagian pertama sirkuit adalah trek lurus lebar yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan overtaking. Itu sebelum memasuki tikungan tajam 90 derajat. Setelah itu, sirkuit memasuki banyak perubahan arah, beberapa di antaranya tikungan-tikungan ketat, tapi tetap mengalir. Di sekitar kastil ada blind corner yang sempit hanya selebar 7,5 meter. Tahun ini akan lebih menantang karena postur mobil lebih lebar.

Pada dua tikungan terakhir, konturnya menurun dengan banyak camber di kiri kanan trek. Karena itu, banyak pembalap menyebut Baku adalah dua karakter trek berbeda yang disatukan. Namun yang pasti, trek lurus di Baku akan sangat menentukan hasil balapan.

Mobil Mercedes memang akan kesulitan melintasi tikungan-tikungan sempit di Sektor 2 karena W08 memiliki wheelbase yang lebih panjang ketimbang Ferrari. Tapi mereka akan mengambil banyak keuntungan di Sektor 1 dan 3 tempat trek lurus dan tikungan cepat berada. Dengan power mesin yang mumpuni, mereka akan digdaya di Baku. Tahun lalu, satu kali pit stop adalah strategi ampuh untuk menang di balapan sebanyak 51 lap tersebut

Karena itu, tak hanya Ferrari yang akan menjadi penantang di podium, tapi juga Force India. Paket mobil yang lebih cepat dan konsistensi dua pembalapnya, Sergio Perez dan Esteban Ocon bisa mengancam Ferrari. Tahun lalu, Perez sukses berdiri di podium ketiga. Dan yang mengerikan bagi Ferrari adalah, Mercedes bisa kembali meraih finis 1-2 lagi di Azerbaijan.

''Kami sudah belajar banyak dari Monaco dan Kanada. Jadi hal pertama yang harus kami lakukan adalah menemukan setingan mobil seperti yang kami inginkan sejak sesi latihan pertama besok (hari ini). Itu akan menjadi tantangan berat, tapi aku percaya dengan timku,'' ucap Hamilton.

 

Perez mengaku senang bahwa timnya tidak akan memberlakukan team order setelah kontroversi terjadi di Kanada. Di Baku, dia akan bertarung habis-habisan untuk meraih podium pertamanya tahun ini, setelah gagal di Kanada. ''Aku punya kecepatan untuk bertarung dengan Red Bull atau bahkan Ferrari. Apalagi Baku adalah trek yang menuntut power mesin besar,'' tegasnya.

Ferrari tetap punya harapan untuk bertarung. Permukaan aspal Baku hampir sama dengan jalanan Monaco, tempat mereka bisa finis 1-2. Daya cengkeram rendah meyakinkan mereka akan bisa bersaing lagi akhir pekan ini. ''Pace yang kami tunjukkan di Monaco membuktikan bahwa kami punya mobil yang cepat. Di Kanada, meski aku mengalami kerusakan sayap, aku juga terbukti cepat,'' kata Vettel.

Tahun ini, dengan paket aerodinamika yang baru mobil nyaris dipastikan akan memecahkan rekor waktu lap tercepat. Dengan gambaran power mesin Mercedes yang hebat, diperkirakan mereka akan mudah merebut pole position. Jika Hamilton meraih pole, dia akan mengoleksi 65 pole dan menyamai torehan legenda F1 Ayrton Senna. Dia lantas akan mengejar rekor pemilik pole terbanyak sepanjang masa milik Michael Schumacher yakni 68 kali.

Tapi Hamilton akan menghadapi tantangan berat dari luar sirkuit. Mantan kekasihnya Nicole Scherzinger akan tampil sebagai salah satu artis pengisi panggung hiburan. Pertanyannya, bisakah Hamilton tetap fokus jika mantan berseliweran di sekitar trek? (cak/nur)


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1 #balap-mobil 

Berita Terkait

IKLAN