Rabu, 26 September 2018 08:25 WIB
pmk

Moto GP

Juara di Assen, Rossi Bergelut dengan Cuaca

Assen menjadi salah satu sirkuit rumit dalam kalender MotoGP.
Redaktur: Redjo Prahananda

Valentino Rossi

INDOPOS.CO.ID - Selain sasis baru, pemilihan ban menjadi salah satu faktor krusial sukses Valentino Rossi merebut podium pertama MotoGP Assen, Minggu, (25/6).

Assen menjadi salah satu sirkuit tricky dalam kalender MotoGP. Lantaran, kondisi di sirkuit tersebut sukar diprediksi. Ban dan motor menjadi penentu keberhasilan untuk menyentuh garis finis di posisi terakhir.

Pembalap 38 tahun ini sadar, semua pembalap termasuk dia mengalami kesulitan meramalkan kondisi cuaca selama semua semua sesi. “Balapan ini sangat sulit bagi semua orang, karena pertarungan dan setelan motor sangat terbuka, begitu juga dengan dua motor berbeda dan ban,” tutur Rossi.

VR46 menjelaskan, cuaca benar-benar menjadi rintangan dia dan tim untuk menaklukkan sirkut terpanjang dalam kalender MotoGP ini. Tempratur saat balapan sangat rendah. Tim harus memastikan, air benar -benar mengalir keluar dari ban.

"Kami sempat ragu dengan keputusan tentang ban. Namun pada akhir balapan kami membuat keputusan tepat dengan ban belakang. Sampai balapan selesai, ban bekerja dengan optimal," sambung Rossi.

Joki 38 tahun ini sudah memiliki firasat bakal merebut kemenangan karena start di barisan depan (posisi 4)  dan dia mampu menjaga kecepatan dengan baik. Namun, hujan di pertengahan lomba membuat start kembali ke posisi semula.

"Saya berharap, intensitas hujan tidak meningkat terlalu tinggi dan masih bisa bertarung dengan Danilo Petrucci. Dia selalu kuat dalam berbagai macam situasi."

Rossi melihat, Petrucci justru kesulitan tetap berada di depan karena terlalu banyak genangan air di tikungan. Menurut Rossi, kondisi ini menjadi ancaman serius karena sewaktu-waktu pembalap bisa terlempar dari atas motor.

"Namun menjelang akhir lomba, saya berpikir hujan mulai ringan dan saya memulai kembali untuk menekan lebih kuat, sampai membuat lap terakhir sangat bagus."


TOPIK BERITA TERKAIT: #valentino-rossi #motogp #motogp-2017 

Berita Terkait

IKLAN