Rabu, 21 November 2018 09:34 WIB
pmk

Formula 1

F1 GP Azerbaijan: Ricciardo Juara, Vettel-Hamilton Terlibat Konflik

Konflik terjadi antara Hamilton dan Vettel saat ada safety car masih di lintasan pada lap 22.
Redaktur: Redjo Prahananda

Daniel Ricciardo juara F1 GP Azerbaijan

INDOPOS.CO.ID - Pembalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo keluar sebagai juara dalam balapan F1 GP Azerbaijan di sirkuit jalanan kota Baku, Minggu, (25/6) .

Ricciardo menjadi pembalap tercepat dengan waktu 2 jam 3 menit 55,570 detik. Pembalap Mercedes, Valteri Bottas menempati podium ke-2 atau 3 detik lebih lambat dari Ricciardo. 

Sedangkan, pembalap Willams, Lance Stroll di luar dugaan mampu naik podium ke-3. Sedangkan, Sebastian Vettel mengakhiri balapan di posisi empat. Sedangkan, Lewis Hamilton melengkapi daftar peringkat 5 besar pembalap.

Hasil di Baku ini menjadi kemenangan pertama Ricciardo di musim 2017. Dia kini ada di posisi empat dengan raihan 92 poin. Posisi pertama klasemen pebalap ditempati oleh Vettel dengan 153 poin. Sementara itu, Hamiltin di posisi dua dengan jarak 14 angka.

Meski mengakhiri balapan di peringkat 5 besar, Bottas sempat terlibat kecelakaan dengan pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen pada tikungan ke-2. Tim Mercedes harus mengganti nose (hidung) mobil Bottas karena benturan itu

Max Verstappen harus menyudahi balapan pada lap 12. Dia mengalami kerusakan mobil. Jolyon Palmer dan Daniil Kvyat harus mengakhiri balapan lebih cepat karena terlibat kecelakaan. 

Pada lap 13, safety car masuk kelintasan. Steward mengevakuasi mobil Kvyat di tengah trek dua lap sebelumnya. Safety car kembali masuk pada lap 17. karena serpihan mobil Raikkonen yang berterbangan di lintasan.

Konflik terjadi antara Hamilton dan Vettel saat ada safety car masih di lintasan pada lap 22. Pada salah satu tikungan, Hamilton memperlambat laju mobil namun dari belakang, Vettel tiba -tiba menabrak mobil Hamilton.

Vettel marah karena Hamilton sengaja menurunkan kecepatan. Pembalap asal Jerman itu bereaksi dengan menyenggol mobil Hamilton dari samping, kejadian itu diinvestigasi oleh stewards. Padahal saat itu bendera merah dikibarkan. Setelah semua mobil masuk ke pit, balapan berlanjut.

Hamilton mengalami masalah pada mobilnya. Dia harus masuk pit pada lap 29. Saat masuk ke trek di ada di posisi ke delapan. Karena  insiden dengan Hamilton, Vettel mendapat penalti stop and go selama 10 detik. Dia ada di posisi tujuh saat masuk ke trek. Ricciardo menjadi pebalap terdepan saat lap 34.

Vettel dan Hamilton terus merangsek ke posisi depan, setelah menyalip Kevin Magnussen di lap 39. Vettel peringkat lima, Hamilton di posisi enam.  Pembalap asal Jerman ini terus mengejar pebalap di depan. Memasuki lap 42, Vettel melahap  Esteban Ocon . Beberapa saat kemudian, Hamilton melewati Ocon.

Hasil Balapan GP Azerbaijan 2017

1. Daniel Ricciardo AUS Red Bull - 2 hour 3 minute 55.570

2. Valtteri Bottas FIN Mercedes - Mercedes +3.904s

3. Lance Stroll CAN Williams - Mercedes +4.009s

4. Sebastian Vettel GER Ferrari - Ferrari +5.976s

5. Lewis Hamilton GBR Mercedes - Mercedes +6.188s


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1-2017 #formula-one #f1 #daniel-ricciardo 

Berita Terkait

IKLAN