Jumat, 16 November 2018 02:56 WIB
pmk

Formula 1

Vettel Terancam Hukuman FIA

Gara-gara Berseteru dengan Hamilton
Redaktur:

HUKUMAN: Sebastian Vettel (kanan) terancam hukuman lebih berat jika dinyatakan bersalah atas insiden dengan Lewis Hamilton di GP Azerbaijan.

INDOPOS.CO.ID - Pembalap Ferrari Sebastian Vettel terancam hukuman setelah FIA (otoritas balap mobil internasional) memeriksa kembali perseteruan road rage dengan Lewis Hamilton pada balapan GP Azerbaijan, Minggu (25/6). FIA mengonfirmasi pihaknya akan kembali melihat bukti lain terkait insiden tersebut untuk membuat keputusan lanjutan.

“FIA akan memeriksa lebih lanjut penyebab-penyebab insiden untuk dapat mengevaluasi apakah tindakan lebih lanjut diperlukan,” bunyi pernyataan FIA, Rabu (28/6). Hasil proses pemeriksaan itu akan diumumkan ke publik sebelum Grand Prix Austria pada akhir pekan 7-9 Juli.

Sebelumnya, steward menjatuhkan hukuman stop and go 10 detik terhadap Vettel setelah menubruk bagian belakang mobil Hamilton. Dia kemudian dengan marah menggebrak mobil sang rival saat keduanya berada di belakang safety car.

Berdasarkan bukti video, steward memutuskan bahwa Vettel menyetir ke arah Hamilton pada situasi yang berpotensi berbahaya. Vettel dianggap mendapatkan hukuman yang ringan.

Hamilton, yang memimpin balapan dengan nyaman dari posisi start terdepan, finis di posisi kelima setelah harus masuk pit ketika material headrestnya mengendur dan kemudian bersikap gusar. “Bagi dia untuk bersikap berlebihan dengan berkendara ke pembalap lain merupakan hal yang memalukan. Menurut saya, dia memalukan dirinya sendiri hari ini,” sindir Hamilton.

Vettel memuding Hamilton melakukan "uji rem" terhadap dirinya dengan tiba-tiba melambatkan mobil saat keluar dari Tikungan 16 ketika safety car bersiap untuk kembali ke pit. Namun, FIA mengatakan bahwa data memperlihatkan pembalap Inggris Raya itu mempertahankan kecepatan yang konsisten. (ira/JPG)


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1 #balap-mobil 

Berita Terkait

IKLAN