Minggu, 18 November 2018 01:21 WIB
pmk

Formula 1

Buntut Aksi Tubruk Mobil Hamilton, Vettel Resmi Minta Maaf

Redaktur:

MAAF: Sebastian Vettel (kiri) yang kini membela tim Ferrari bersalaman dengan seterunya Lewis Hamilton, suatu ketika usai balapan, sebelum Vettel meminta maaf akibat aksinya menubruk mobil Hamilton kala balapan di Grand Prix (GP) Azerbaijan, pekan kemarin.

INDOPOS.CO.ID – Federasi Otomotif Internasional (FIA) sebagai penyelenggara gelaran  balap mobil Formula One (F1) akhirnya menutup kasus yang melibatkan pembalap andal Ferrari dan Mercedes kala balapan di Grand Prix (GP) Azerbaijan. Mengaspal di Sirkuit Baku, mobil Sebastian Vettel menubruk mobil milik Lewis Hamilton yang kala itu melaju di depannya. Tabrak mobil Hamilton yang saat itu melaju santai di belakang safety car, Vettel pun diberi penalti 10 detik.

FIA pada akhirnya menyelesaikan kasus tersebut setelah memanggil Vettel pada pertemuan di Paris, Senin 3 Juli 2017. Sang pembalap sendiri mengatakan dirinya menerima dan menghormati segala keputusan FIA dan meminta maaf secara resmi.

“Saya tidak memiliki niat untuk membahayakan Hamilton. Tapi saya tahu hal itu berbahaya, oleh karena itu saya meminta maaf kepada FIA. Saya menerima keputusan dari hasil pertemuan ini. Saya begitu mencintai balapan F1, saya akan berusaha menunjukkan contoh baik kepada generasi berikutnya,” ucap Vettel dikutip laman resmi F1, Selasa (4/7).

Dari hasil pertemuan di kantor pusat FIA di Paris, Vettel sendiri mendapat penalti tiga poin terhadap Superlicence FIA miliknya. Vettel pun wajib mengikuti berbagai aktivitas bersama FIA yang bersifat edukasi selama 12 bulan ke depan.

Sementara pembalap Mercedes AMG Petronas Lewis Hamilton mengaku tertarik untuk pindah menuju balap NASCAR setelah pensiun dari ajang balapan F1. Meski demikian, pembalap berkebangsaan Inggris tersebut mengaku ingin fokus meraih gelar juara dunia F1 musim 2017 ini.

Sebelumnya pembalap berusia 31 tahun ini telah mengungkapkan kecintaannya pada olahraga balap di luar F1, seperti MotoGP dan NASCAR. Ia mengaku ingin mencoba peluang yang ada sebagai karier masa depannya usai pensiun dari F1. “NASCAR adalah seri yang sangat keren dan mungkin sangat dekat dengan diri saya di masa depan. Saat ini saya hanya fokus pada F1 dan berusaha meraih lebih banyak kemenangan sehingga saya harus tampil dengan baik tanpa gangguan,” terang Hamilton, melansir Crash, Senin (3/7).

“F1 adalah puncak motorsport. Meski saya mengagumi semua balapan di dunia, namun Indy 500 bukanlah rencana saya di masa depan. Saya tidak akan menurunkan F1 untuk balapan yang lainnya,” tuntasnya. (ram/oks/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1 #balap-mobil 

Berita Terkait

IKLAN