Selasa, 13 November 2018 08:08 WIB
pmk

Nasional

Puluhan Ribu Spat Kerang Mutiara Dilepas di Lombok

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

MENYELAM: Pelepasan puluhan ribu spat kerang mutiara di Lombok. Foto: KKP for INDOPOS

INDOPOS.CO.ID- Lebih dari 15 ribu ekor spat kerang mutiara jenis pinctada maxima dilepas ke perairan sekitar Gili Kondo, Desa Padak Guar, Sambalia, Lombok Timur, baru baru ini. Ribuan spat kerang mutiara ini merupakan hasil pembenihan buatan yang dilakukan Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Lombok. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melibatkan kelompok masyarakat lokal dalam melakukan kegiatan tersebut.

"Kami melibatkan Masyarakat yang tergantung dalam suatu komite yang merupakan kumpulan dari anggota masyarakat pantai yang terdiri dari tokoh agama, tokoh adat, nelayan, pembudidaya ikan dan pihak terkait lainnya. Mereka dibentuk secara swadaya sebagai bagian peran partisipatif masyarakat dalam menjaga kelestarian SDA kelautan dan perikanan," terang Slamet Soebijakto, Dirjen Perikanan Budidaya KKP, di kantornya, Senin (24/7).

Menurutnya, peran serta kelompok masyarakat lokal menjadi bagian penting dalam memberikan edukasi bagi upaya pengawasan kelestarian sumberdaya kerang mutiara. Apalagi di pulau Lombok sangat kental dengan aturan lokal yang bisa diberdayakan sebagai instrument konservasi SDA kelautan dan perikanan.

Slamet Soebjakto mengatakan, restocking merupakan upaya yang sangat krusial dan mendesak dilakukan saat ini untuk menjaga keseimbangan stok kerang mutiara di alam. Apalagi saat ini mulai terjadi penurunan ketersediaan induk kerang mutiara di alam akibat penangkapan yang over exploitative.

Menurutnya, banyak perusahaan pembenih mutiara yang mulai kesulitan mendapatkan sumber induk di alam, dan tentunya ini sangat mengkhawatirkan bagi keberlanjutan bisnis mutiara di Indonesia. (nel)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kkp #spat-kerang-mutiara #lombok 

Berita Terkait

IKLAN