Minggu, 23 September 2018 12:13 WIB
pmk

BI Prediksi Inflasi Juli 0,18 Persen

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

ILUSTRASI

INDOPOS.CO.ID-Bank Indonesia (BI) memprediksi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Juli 2017 mengalami inflasi 0,18 persen secara bulanan (month-to-month/mtm). Dan, sejak awal tahun hingga Juli (year to date/YTD) diperkirakan bertengger di kisaran 3,84 psrsen. Perkiraan itu lebih rendah dibanding realisasi inflasi Juni 2017 di kisaran 0,69 persen secara bulanan. 

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyebut, laju inflasi itu tergolong stabil dibanding beberapa bulan sebelumnya. Sumber inflasi juga diproyeksi tidak berasal dari gejolak harga pangan (volatile foods) yang kerap dikhawatirkan. ”Kalau diamati inflasi terus terjaga. Biang keladi inflasi, berupa tarif angkutan udara dan antar kota,” tutur Agus di Jakarta, Selasa (25/7). 

Jadi, sambung Agus, sumber inflasi pada Juli tidak jauh berbeda dengan Juni saat musim mudik lebaran. Pasalnya, arus balik masih terjadi di awal Juli lalu. Meski proyeksi inflasi Juli rendah, BI dan pemerintah akan tetap berkoordinasi untuk menjaga laju inflasi. Itu dilakukan supaya capaian inflasi tetap rendah, seperti tahun lalu berada di kisaran 3,02 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). 

Dan, sudah 3 tahun pemerintah dan BI sudah berkoordinasi tidak terbatas hanya pada saat bulan ramadan. Di mana hasilnya, tingkat inflasi sepanjang tahun tetap terjaga dengan baik. Karena itu, situasi dan kondisi tersebut harus dirawat supaya Inflasi hingga penghujung tahun sesuai ekspektasi. ”Nanti tanggal 27 Juli ada Rakornas (jaga inflasi),” tegas Agus. 

Sepanjang tahun ini, BI memproyeksi inflasi berada di kisaran 4 persen plus minus 1 persen. Sementara pemerintah sebelumnya memperkirakan inflasi berada di kisaran 4 persen dalam asumsi makro Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017. Namun, target inflasi itu kemudian dikoreksi menjadi 4,3 persen dalam Rancangan APBN Perubahan 2017. (far)  


TOPIK BERITA TERKAIT: #inflasi #bank-indonesia 

Berita Terkait

Cegah Melemah, Transaksi Pakai Rupiah

Nasional

BI Yakin Mampu Lewati Tekanan terhadap Rupiah

Headline

Rupiah Bergejolak, Inflasi Tetap Terkendali

Ekonomi

IKLAN