Moto GP

Finlandia Dipastikan Gelar MotoGP

Masuk Kalender Berdurasi Lima Tahun

Redaktur:
Finlandia Dipastikan Gelar MotoGP - Moto GP

SIRKUIT: Para rider Grand prix (GP) MotoGP akan merasakan kembali Sirkuit baru yang terletak di Iitti Filandia, pada 2019.

INDOPOS.CO.ID - Grand prix (GP) Finlandia dipastikan bergabung dalam kalender MotoGP 2019. Kepastian tersebut didapat setelah pemegang hak komersial balap -Dorna Sport- menandatangani kontrak kerjasama berdurasi lima tahun dengan otoritas di Kymi Ring. Sirkuit baru yang terletak di Iitti awalnya diperkirakan masuk kalender MotoGP 2018.

Namun, Thailand sudah lebih dulu menggunakan slot yang disediakan Dorna untuk putaran balap musim depan. Thailand maju sebagai tuan rumah MotoGP dengan modal Sirkuit Buriram. “Dengan senang hati kami mengumumkan kesepakatan yang dilakukan dengan Kymi Ring. Pekerjaan sedang berjalan, saat ini proses berikutnya hanya tinggal lapor ke FIM,” kata CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta dikutip MotoGP.com, Rabu (2/8).

Sementara itu, pejabat Kymi Ring - Kari O. Sohlberg mengatakan, pihaknya yakin penyelenggaraan balap MotoGP di Finlandia akan berlangsung lancar. Kata Sohlberg, Finlandia memiliki reputasi bagus sebagai tuan rumah event balap berskala internasional. “Finlandia punya reputasi bagus sebagai penyelenggara event internasional besar. Contohnya adalah WRC Rally Finland yang digelar beberapa waktu lalu. Finlandia juga melahirkan banyak pembalap legendari sejak GP Imatra,” kata Sohlberg. 

Sekadar informasi, sebelum Finlandia memastikan diri sebagai tuan rumah MotoGP, Thailand dan Indonesia sudah berlomba-lomba memenangkan slot yang disediakan Dorna. Thailand berhasil memastikan Dorna bahwa mereka siap menggelar MotoGP sementara Indonesia gagal jadi tuan rumah MotoGP karena belum ada sirkuit yang dianggap memadai.

Azpeleta mengaku antusias menyambut gelaran MotoGP 2019 mendatang. Dia berharap Finlandia mempersiapkan diri dengan baik. “Di kalender MotoGP 2019 FIM sudah kami beritahu. Ini adalah hari yang spesial karena kami dengan bangga mengumumkan venue baru di MotoGP. KymiRing sudah menggelar event yang luar biasa, orang Finlandia juga sangat paham dengan balap motor. KymiRing adalah sirkuit yang aman dan sangat bagus,” kata Azpelata, dilansir situs resmi MotoGP.

Sebelumnya Finlandia mendapat kesempatan untuk menggelar MotoGP di KymiRing pada 2018 lalu, namun ditunda guna memberikan kesempatan lebih lama bagi Finlandia untuk mempersiapkan diri. (snc/viv/JPC)

Berita Terkait

All Sport / IMI Dukung MotoGP di Sirkuit Mandalika

All Sport / Luncurkan Motor untuk MotoGP 2019

All Sport / MotoGP 2019 Uji Pertama di Sepang

All Sport / Marquez Diperkirakan akan Uji Pertama di Sepang

All Sport / Malaysia Memulai Sejarah Grand Prix


Baca Juga !.