Sabtu, 22 September 2018 10:27 WIB
pmk

Rayakan HUT ke-72 RI, BNI Dukung Lomba Foto Difabel Pertama di Indonesia

Redaktur: Ali Rahman

Warga difabel mencanangkan gerakan We Care Our Future dan Difabel Bisa Berkarya sebagai bentuk keberpihakan kepada para kaum difabel untuk bangkit dan peduli pada lingkungan. BNI turut mendukung deklarasi ini antara lain dengan memastikan Lomba Foto Khusus Difabel Pertama di Indonesia diselenggarakan di Cinnamon Boutique Syariah Hotel Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/8).

INDOPOS.CO.ID - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bekerja sama dengan Cinnamon Equal Photography dan Cinnamon Hotel Boutique Syariah turut mendukung perhelatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia, yaitu Lomba Foto Khusus untuk Difabel dengan tema Difabel Bisa Berkarya. Perhelatan ini mendapatkan pengakuan  dari Museum Rekor Dunia - Indonesia (MURI) sebagai Lomba Foto Khusus Difabel pertama dan terbanyak Jumlah pesertanya.           

Kebersamaan merupakan pesan utama pada penyelenggaraan acara ini, seiring dengan tema yang diangkat pada perayaan HUT ke-72 Republik Indonesia. Pendekatan kebersamaan ini menjadi esensi sekaligus ajakan kepada segenap masyarakat Indonesia terutama di Bandung dan sekitarnya untuk merangkul dan mengedepankan asas kebersamaan, meski ada dalam perbedaan.    

Acara Lomba Foto Khusus untuk Difabel ini dilaksanakan di Hotel Cinnamon Boutique Syariah Bandung, Jawa Barat, Kamis (17/8).     

Corporate Secretary BNI Kiryanto mengungkapkan, dukungan BNI terhadap Lomba Foto Khusus untuk Difabel ini merupakan bagian dari serangkaian aktivitas perayaan HUT ke-72 RI yang dilaksanakan oleh BNI. Sebelumnya, BNI telah menyelenggarakan berbagai program perayaan HUT ke-72 RI yang merupakan bagian dari Program BUMN Hadir untuk Negeri, antara lain pertukaran pelajar atau Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), antara lain mengikutsertakan siswa-siswa dari sekolah luar biasa berprestasi.       

“Lomba Foto Khusus untuk Difabel ini juga dapat menjadi salah satu upaya untuk memberikan semangat kemandirian untuk teman – teman difabel, serta menunjukkan kepada masyarakat umum bahwa difabel tidak bisa dipandang sebelah mata. Dukungan BNI juga seiring dengan salah satu misi korporasi yaitu Meningkatkan Kepedulian dan Tanggung Jawab kepada Lingkungan dan Komunitas,” ujarnya.        

Iman Rahman selaku penanggung jawab rangkaian acara dan sekaligus pemilik hotel menuturkan, antusiasme peserta lomba sangat tinggi. Panitia hanya dapat menerima 100 peserta difabel. Pesertanya pun berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Selain Bandung, peserta datang juga dari Palembang, Banda Aceh, bahkan Ambon, Maluku.     

"Acara ini kami laksanakan sebagai upaya untuk memberikan perhatian lebih serius kepada para difabel dan memberikan wadah agar mereka juga dapat berkarya," ujar Iman.

Sebelum kompetisi dilaksanakan, para peserta lomba yang terdiri atas sekitar 100 warga difabel diajak untuk melaksanakan Upacara Bendera Perayaan HUT ke-72 RI di Rooftop Hotel Cinnamon dipimpin oleh tim upacara difabel gabungan dari beberapa organisasi difabel seperti HWDI, Balvi dan MHI.  Disela upacara tersebut, disisipkan pencanangan We Care Our Future sebagai bentuk keberpihakan kepada para kaum difabel untuk bangkit dan peduli pada lingkungan.      

Setelah itu diberikan coaching clinic dari Bang Dzoel (Fotografer Daksa) dan Christianto Harsadi (Fotogafer Tuli) kepada peserta lomba. Kemudian lomba dimulai dengan dua sesi. Lomba foto akan diisi dengan sesi pemotretran model, yang uniknya mengajak model-model yang juga difabel. Jurinya antara lain Darwis Triadi, Ripsa Santoso dan Christianto Harsadi.      

Ketua Pelaksana Lomba Foto Khusus untuk Difabel Rizwan Hermawan mengungkapkan bahwa komunitas  difabel di  Kota  Bandung  sangat  bersemangat menyambut  Hari Kemerdekaan ke - 72 RI. Berbagai  kegiatan  ingin  dilakukan  untuk  menyerukan semangat ini dengan  masyarakat lainnya.           

“Kegembiraan hari kemerdekaan ini juga harus bisa dirasakan oleh kami dari komunitas difabel. Kami sangat berterimakasih kepada pihak BNI karena mendukung penuh acara yang kami buat, tujuannya untuk meningkatkan kemandirian sahabat-sahabat difabel dalam berkarya dan menjalani hidup mereka tanpa ada rasa malu dan menumbuhkan rasa kesetaraan kepada masyarakat umum bahwa difabel bisa berkarya,” ujarnya.       

Selain Lomba Foto Ada juga rangkaian acara lainnya, yaitu penampilan dari Giswara, Musisi difabel yang menciptakan lagu religi dengan single utamanya yaitu "Adalah Allah" Ciptaan Lugi Basuki (Difabel Low Vision) dan berduet dengan Ogest Swara (Difabel Daksa) ikut tampil untuk memeriahkan acara Lomba Foto Difabel 2017 diiringi 40 Anak-anak dan remaja Difabel yang menggunakan baju adat dari 33 Provinsi. (rmn)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bni #upacara-hut-ri-ke-72 #lomba-foto-difabel 

Berita Terkait

BNI Pertahankan Keunggulan Layanan Trade Finance

Ekonomi

Perluas Bisnis Asuransi, BNI Gandeng Jasindo

Indobisnis

Transaksi Pertemuan IMF-WB Senilai Rp 880 Miliar

Ekonomi

Ini Strategi BNI untuk Mendorong Perbankan Digital

Indobisnis

BNI Rayakan Hari Pelanggan Nasional

Ekonomi

IKLAN