Minggu, 23 September 2018 04:07 WIB
pmk

Formula 1

Mercedes Berbenah usai Liburan

Redaktur:

Tim Mercedes

INDOPOS.CO.ID - Tim balap Formula One (F1) Mercedes menjalani musim dengan baik, sampai kemudian tiba di GP Monaco. Di sana tim juara bertahan ini diperlihatkan masalah-masalah yang mereka punya. Mercedes sesungguhnya memetik hasil bagus di lima balapan sebelum Monaco. Mereka meraih tiga kemenangan, juga cuma sekali gagal merebut pole di periode itu.

Tapi sampai di Monaco, Mercedes tiba-tiba hilang tajinya. Lewis Hamilton cuma finis ketujuh dan Valtteri Bottas di posisi empat. Hasil itu membuat mata teknisi Mercedes bahwa ada problem yang perlu ditangani. Mereka mencoba memahami mobil lebih baik sehingga lebih bisa memaksimalkan potensinya.

Mercedes pun langsung kembali jalur juara setelah itu. Mereka memenangi tiga dari lima balapan. Hasil di seri terakhir yakni Hongaria pun tak buruk-buruk amat meski tak menang: finis ketiga dan keempat.

Direktur Teknik Mercedes James Allison menyebut Monaco jadi titik penting untuk timnya, untuk memahami ada isu yang perlu dibereskan. “Monaco adalah sirkuit di mana sangat sedikit hal bagus dari mobil kami tampak dan justru kebanyakan dari hal buruk yang terlihat. Dan sirkuitnya sungguh membantu kami dalam hal ini, karena memfokuskan pikiran kami ke di mana letak masalah-masalahnya,” dia mengungkapkan kepada Autosport.

"Itu benar-benar bermanfaat. Sebelum Monaco, kami memang sudah memenangi beberapa balapan. Kami ada di pole di seluruh balapan kecuali satu saja. Kami jelas punya mobil yang cepat kala itu dan Anda bisa memuji diri sendiri bahwa segala sesuatunya akan berjalan baik-baik saja. Tapi sungguh membantu kami untuk melihat bahwa ada problem-problem yang perlu kami tangani, karena kami tidak suka dengan pengalaman di Monaco,” Allison menambahkan.

Di bagian lain, Max Verstappen disebut-sebut bakal bergabung ke salah satu Ferrari atau Mercedes di masa depan. Tapi, kabar itu buru-buru dibantah kubu Red Bull Racing. Sejak dipromosikan di awal musim 2016, Verstappen memang sudah menyita perhatian publik F1 lewat gaya membalapnya. Di musim debutnya bersama Red Bull, Verstappen langsung juara di balapan pertamanya di Spanyol.

Di musim 2016, Verstappen finis posisi kelima dengan 204 poin dan membuat Daniil Kyvat harus rela turun ke Toro Rosso. Performa Verstappen bersama Red Bull musim lalu pun menuai pujian. Meski demikian, Verstappen sedang mengalami kesulitan musim ini ketika mobil Red Bull yang dikemudikannya kalah kompetitif ketimbang Ferrari dan Mercedes. Verstappen sejauh ini baru mengumpulkan 67 poin dari 11 balapan dengan lima kali retire.

Wajar saja muncul kabar kalau Verstappen tak puas dengan kinerja tim Red Bull dan mulai memikirkan untuk mencari tim yang lebih kompetitif di musim 2018. Ferrari dan Mercedes pun disebut-sebut mulai mendekati pebalap asal Belanda tersebut.

Ferrari butuh pebalap kompetitif untuk menggantikan Kimi Raikkonen musim depan sebagai partner Sebastian Vettel, sementara Mercedes pernah jadi bagian masa lalu Verstappen saat masih membalap di Formula 3 Eropa.

Dengan performa kedua tim tersebut saat ini, masuk akal jika Verstappen tergoda untuk gabung ke sana. Tapi kubu Red Bull yakin betul hal itu tidak akan terjadi karena Verstappen didukung penuh oleh tim untuk mencapai kesuksesannya di sana. “Saya rasa tidak. Saya rasa dia bisa melihat apa yang terjadi nantinya,” ujar Prinsipal Tim Red Bull, Christian Horner, soal kemungkinan Verstappen gabung Ferrari atau Mercedes.

“Seperti kebanyakan pebalap muda, dia memang tidak sabaran tapi dia sangat tahu kalau dia didukung mobil yang bagus di sini. Dan dari awal musim hingga saat ini, pastinya bakal ada peningkatan jika kami mampu mengatasi masalah yang terjadi di awal musim ini. Kami melihat perkembangannya sangat pesat. Kontrak itu harus mewakili keinginan kedua belah pihak. Tidak perlu kami membicarakan kontrak Max saat ini, karena itu semua tergantung kami apakah bisa menyediakannya mobil yang kompetitif untuk meraih kemenangan," sambungnya seperti dikutip Autosport. (dts/ersJPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #f1 #balap-mobil 

Berita Terkait

IKLAN