Megapolitan

Daftar Haji Sekarang, Berangkat 15 Tahun Lagi

Antrean Calon Haji Lebak hingga 2032

Redaktur:
Daftar Haji Sekarang, Berangkat 15 Tahun Lagi - Megapolitan

TAMU ALLAH: Pelepasan calhaj kloter 60 oleh Bupati Lebak, Iti Ocvtavia Jayabaya, kemarin (23/8).

INDOPOS.CO.ID - Daftar tunggu atau waiting list jamaah calon haji di Kabupaten Lebak tercatat mencapai 9.000 orang. Jadi, jika diperhitungkan maka jemaah haji asal wilayah yang dipimpin Iti Octavia Jayabaya itu harus antre berangkat ke Tanah Suci hingga 2032 mendatang.

”Jadi cukup lama antreannya hingga 2032,” terang Ahmad Tohawi, kasi Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Lebak saat pelepasan calon jemaah haji (calhjaj) kelompok terbang (kloter) 60 di Pendopo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, kemarin (23/8).

Menurut Tohawi juga, setelah adanya penambahan kuota haji dari kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia tahun ini, maka pemberangkatan haji berjumlah 590 dari sebelumnya yang hanya 339 jamaah.

Penambahan kuota itu tentu membuat daftar tunggu calon haji di Kabupaten Lebak berkurang hingga enam tahun. Dikatakannya juga, selama ini minat masyarakat Lebak untuk berangkat menjalankan rukun Islam kelima ke Makah terbilang cukup tinggi jika dibandingka dengan daerah lain di Provinsi Banten.

”Rata rata masyarakat yang mendaftar calon haji jumlahnya antara 15 sampai 20 orang per hari. Sebagian besar calon haji berprofesi pedagang, petani, pegawai negeri sipil (PNS), TNI, Polri,” paparnya juga. Dikatakannya juga, panjangnya daftar tunggu calhaj asal Lebak karena tingginya kesadaran beragama di sana.

Ditambah lagi, meningkatnya taraf perekonomian masyarakat Lebak yang membuat calhaj bertambah panjang. Karena itu, dia meminta, calon haji yang masuk dalam daftar tunggu untuk tetap bersabar dan terus menjaga stamina kesehatan, agar tidak ada kendala saat nanti berangkat ke Arab Saudi.

Begitu juga bagi umat muslim yang sudah pernah melaksanakan rukun Islam kelima diimbau untuk tidak berangkat kembali ke Arab Saudi guna mengurangi panjangnya daftar tunggu. ”Pelaksanaan ibadah haji ke Mekah hanya wajib sekali seumur hidup,” katanya juga.

Untuk calon Jemaah haji kloter 60 asal Kabupaten Lebak yang diberangkatkan dari Pendopo Pemkab Lebak sebanyak 393 orang yang dilepas langsung oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya itu direncanakan berangkat ke Arab Saudi pada  Kamis (24/8) pukul 18:15 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Banten.

Para jemaah itu akan mendarat di Bandara Jeddah, Arab Saudi pada pukul 23:30 waktu setempat setelah sebelumnya menginap di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Kloter 60 itu terdiri dari 176 laki-laki dan 215 perempuan dengan anggota TPHD 3 orang serta petugas 5 orang.

Iti usai melapas jemaah mengatakan ibadah  haji merupakan proses ibadah yang sangat berbeda dengan tata cara ibadah lainnya. Tidak saja harus berbekal pengetahuan yang disyariatkan sebagaimana tuntunan dalam manasik yang telah dilaksanakan, tapi juga perlu kesiapan fisik dan mental.

”Calon jemaah haji harus menyiapkan diri dan melaksanakan tata cara haji dengan sebaik-baiknya, kepada pimpinan rombongan agar membimbing dan mengarahkan sebagaimana tugas dan fungsinya,” terangnya. Pantauan koran ini, tampak rasa bahagia bercampur haru menyelimuti suasana pelepasan calhaj asal Kabupaten Lebak tersebut.

Sejak pagi terlihat ribuan pengantar sudah membanjiri Alun-alun Rangkasbitung untuk ikut melepas keberangkatan yang membuat sejumlah ruas jalan menuju kantor Pemkab Lebak macet total. (yas)

 

TAGS

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.