Megapolitan

Pangkas Pungli, Roling PNS Besar-besaran

Redaktur:
Pangkas Pungli,  Roling PNS  Besar-besaran - Megapolitan

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Pengamat Kebijakan Publik dan Pemerintahan UIN Syarif Hidayatullah, Zaki Mubarok menegaskan praktik pungli oleh para PNS di instansi perizinan bukanlah hal yang baru di Tanah Air. Sebab, adanya kegiatan pungli itu karena mental para ASN yang diterima dalam penyeleksian CPNS tidak terdeteksi dengan baik.

Serta tidak adanya pemberian sanksi tegas berupa pemecatan terhadap para pelanggar pungli oleh kepala daerah masing-masing. ”Jika dilihat dari kejadian ini memang seluruh kabupaten/kota di Banten ini rawan KKN dan pungli. Kan itu sudah dijelaskan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan memang wilayah ini jadi target utama mereka. Kesalahan utamanya adalah mental pegawainya bobrok karena sudah keseringan melakukan itu,” terangnya.

Untuk memangkas praktik pungli itu, Zaki menyarankan Pemkab Tangerang untuk melakukan roling pegawai secara besar-besaran. Kemudian terus melakukan evaluasi dan pemantauan kerja dinas penghasil. Serta juga, memecat para pegawai yang terbukti melakukan pelanggaran berat. Dengan hal itu kata dia, diyakini aksi pungli dan KKN dapat diberantas dengan cepat. (cok)

TAGS

Berita Terkait

Megapolitan / Wahidin: Stop Pungli di Banten Lama

Megapolitan / Pungutan KIR Dilaporkan ke Saber Pungli

Banten Raya / Cegah Pungli, BPN Lebak Gencar Sosialisasi PTSL

Banten Raya / Bupati Ancam Pecat Pelaku Pungli


Baca Juga !.