Sabtu, 22 September 2018 12:31 WIB
pmk

Bulutangkis

Jonatan Lolos Susah Payah

Redaktur: Ali Rahman

Jonatan Christie

INDOPOS.CO.ID - Jonatan Christie akhirnya lolos dari lubang jarum. Pemain unggulan pertama di bulutangkis perorangan SEA Games 2017 ini mampu melewati laga perdana atas Suppanyu Avihingsanon (Thailand), dengan skor 14-21, 21-8, 21-17, di Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (26/8).

Jonatan membuka game pertama dengan cukup baik, namun ia kemudian seolah tak dapat mengontrol permainan dan melakukan unforced errors. Poin demi poin didapat lawannya dengan relatif mudah.

Di game kedua, Jonatan mencoba keluar dari tekanan. Tampil normal, Jonatan menghentikan perlawanan Avihingsanon dengan skor telak, 21-8. Pada game ketiga, pertarungan berlangsung sengit. Setelah interval game ketiga, duel masih berlangsung seru hingga kedudukan imbang 16-16.

Namun Avihingsanon terlihat kehabisan energi, pukulan-pukulannya pun semakin tak akurat. Hal ini dimanfaatkan Jonatan, tak banyak melakukan serangan tajam, Jonatan bermain safe dan membuat lawan berlarian mengejar shuttlecock.

“Angin di lapangan benar-benar berbeda dengan di pertandingan beregu. Jadi saya menyesuaikan lagi dengan kondisi lapangan. Kalau tegang itu pasti ada, namanya pertandingan. Saya tidak terbeban dengan status unggulan pertama, buat saya itu hanya soal penempatan didraw saja kok, yang penting di lapangan,” kata Jonatan.

“Emosi saya sedikit terpancing saat lawan mencoba mengulur permainan, sepertinya karena stamina dia sudah habis. Dia sampai protes soal blitz dari kamera penonton sekitar lima kali,” tambah Jonatan.

“Saya berusaha siap lagi, saya ingat kata psikolog, jangan fokus pada masalah, tetapi bagaimana mengatasi masalah itu. Saya juga ingat kalau PBSI target emasnya salah satunya dari tunggal putra, jadi kami dari tunggal putra berusaha sebisa mungkin memenuhi target itu,” sebutnya.

Sementara itu, Ihsan Maulana Mustofa menyusul langkah Jonatan dengan kembali menekuk pemain muda Malaysia, Lee Zii Jia, dengan skor 21-7, 21-17. Sebelumnya di laga final beregu melawan Malaysia, Ihsan juga menumbangkan Lee dengan skor 21-11, 21-11.

Di babak perempat final, Jonatan akan berhadapan dengan Ng Zin Rei Ryan (Singapura), sedangkan Ihsan kemungkinan besar juga akan bertemu wakil Singapura, Loh Kean Yew.

“Saya sudah melihat permainan Ng di pertandingan beregu melawan Iskandar (Zulkarnain), dia mainnya ngotot juga. Saya harus siap akan hal ini,” ujar Jonatan. (rmn)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bulutangkis #sea-games-2017 

Berita Terkait

Akbar/Winny Langsung Tersingkir di Indonesia Masters

Bulutangkis

Siapkan Pesta Medali Emas  

Asian Games 2018

Bisa-Bisa All Indonesian Final

Asian Games 2018

Sore Ini, Anthony Dkk Tantang Tiongkok di Final

Headline

Gregoria dkk Pede Habisi Hongkong

Bulutangkis

IKLAN