Sabtu, 18 Agustus 2018 08:08 WIB
pmk

Nasional

Pemerintah Anggarkan Ratusan Miliar

Redaktur:

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - PEMBANGUNGAN tol laut, merupakan salah satu janji Calon Presiden Presiden Joko Widodo (Jokowi) semasa masa Pilpres 2014. Konsep pembangunan tol laut bukan berarti membangung jalan tol di atas laut. Tetapi yang dimaksud adalah membangun transportasi laut dengan kapal atau sistem logistik kelautan, melayani tanpa henti dari Sabang hingga Merauke. Tujuannya untuk menggerakkan roda perekonomian secara efisien dan merata.

Kini setelah Jokowi resmi menjabat Presiden RI, perlahan tapi pasti, janji pembangunan tol laut tersebut terus diwujudkan.  Pemerintah optimistis pembangunan tol laut berjalan sesuai rencana.  Untuk mendukung itu, pemerintah melalui Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menganggarkan program tersebut. Jumlah anggaran mencapai Rp 355 miliar lebih pada tahun 2017 ini. Yaitu, untuk mendukung 13 trayek tol laut. Sebanyak 7 trayek ditugaskan kepada PT Pelni. Dengan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 226 miliar lebih. Sedangkan sisanya, sebanyak  enam trayek dilakukan pelelangan umum. Dilaksanakan oleh perusahaan angkutan swasta dengan anggaran sebesar Rp 128 miliar lebih.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perhubungan Laut, Bay M Hasani, mengatakan pemerintah memang sengaja menugaskan PT Pelni untuk mengoperasikan tol laut. Pada tahun ini, tercatat ada 7 trayek yang ditugaskan pemerintah kepada BUMN yang bergerak di bidang pelayaran tersebut. Sebelumnya, memang sempat banyak protes mengapa swasta tidak dilibatkan. Menurut Bay,  penugasan yang diberikan kepada Pelni itu trayeknya masih sepi atau rintisan. ”Ada atau tidak ada angkutan barang, kapal tetap harus berlayar sesuai jadwal," ujarnya.

Kalau diserahkan semua ke swasta, khawatir tidak optimal. ”Sebab swasta itukan berpikirnya bisnis. Ada barang, baru kapal jalan," imbuhnya. Walaupun begitu menurut Bay, swasta juga tetap dilibatkan untuk mengoperasikan tol laut. Pada tahun 2017, dilakukan pelelangan umum angkutan umum oleh swasta. Yang melayani enam trayek. ”Adanya tol laut mampu mengurangi disparitas harga. Khususnya seperti di wilayah timur dan barat Indonesia,” pungkasnya. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tol-laut 

Berita Terkait

Layanan Tol Laut Pakai Aplikasi

Nusantara

Bamsoet Soroti Realisasi Tol Laut Jokowi

Nasional

IKLAN