Nasional

Mantap, BNNK Madina dan Tim Temukan 4 Ha Ladang Ganja

Redaktur: Syahrir Lantoni
Mantap, BNNK Madina dan Tim Temukan 4 Ha Ladang Ganja - Nasional

INDOPOS.CO.ID - Jajaran Badan Narkotika Nasional Kabupaten Mandailing Natal (BNNK Madina) bekerja sama dengan BNN Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dibantu Anggota Polres Madina dan Kodim setempat berhasil menemukan ladang ganja, Jumat (25/9) sekitar pukul 14.00 WIB. Tak tanggung-tanggung, ladang ganja yang ditemukan seluas lebih dari empat hektare (ha).

Kepala BNNK Madina AKBP S. Bangko mengatakan, dari luas ladang tersebut, terdapat tanaman ganja sekitar 40.000 batang. ”Kemudian barang bukti pohon ganja itu langsung dimusnahkan di lokasi dengan cara dicabut dan dibakar oleh tim gabungan. Sementara sebanyak 10 batang pohon ganja disisihkan untuk dibawa ke kantor sebagai barang bukti,” ujarnya.

Diperkirakan pohon ganja itu berusia enam sampai tujuh bulan dengan tinggi tanaman sekitar 80 cm. Untuk menuju ladang ganja, tim terlebih dulu menembus lebatnya hutan dan ketinggian perbukitan antara 1.300 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Menurut Bangko, operasi penemuan ladang ganja itu sesuai Surat Perintah Kepala BNNP Sumatera Utara Nomor: Sprint.Gas/2452/VIII/Ka/Pb.00/2017/ BNNP.SU Tanggal 23 Agustus 2017 Tentang Operasi Pemusnahan Ladang Ganja di Wilayah Hukum Kabupaten Madina.

Tim yang diturunkan ke lokasi terdiri dari 20 orang BNNP Sumut, 10 orang BNNK Madina, tiga personel Polres Madina, enam personel Kodim 0212/ Tapsel, dua pegawai Kejari Madina dipimpin langsung Kasi Sidik BNNP Sumut Kompol Rustam Gultom dibantu Kasi Pemberantasan BNNK Madina AKP Agus Darmanto. 

"Saat berada ladang ganja itu, tim gabungan tidak menemukan siapa pemilik ladang tersebut di lokasi," papar Bangko.

Dia menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus memberantas narkoba di wilayahnya. ”Saya berharap kepada masyarakat untuk bekerja sama dalam memberikan informasi adanya tanaman ganja. Kalau tidak kita, siapa lagi yang akan memberantas narkoba ini demi menyelematkan generasi muda di masa yang akan datang," tandasnya. (aro)

Berita Terkait


Baca Juga !.