Tandai Comeback dengan Luar Biasa

INDOPOS.CO.ID– Petenis cantik asal Rusia Maria Sharapova menandai comeback-nya dengan luar biasa. Raihan hasil positif yang mengejutkan karena mampu mengalahkan petenis unggulan Simona Halep di babak pertama AS Terbuka 2017. Bermain di Arthur Ashe, Selasa (29/8) pagi WIB, Sharapova disambut tepuk tangan dari para penonton. Bagi petenis putri 30 tahun, ini adalah gelaran Grand Slam perdana setelah absen selama 15 bulan karena sanksi penggunaan doping.

Ini sekaligus belum memupus momok Halep yang selalu kalah dari Sharapova. Melaju ke babak pertama berkat status wildcard karena saat ini Sharapova menempati ranking 146 dunia, dia tetap mampu menunjukkan kualitas permainannya. Bahkan, ia mampu memaksa Halep merelakan set pertama. Sempat kehilangan set kedua, Sharapova memastikan langkah ke babak selanjutnya usai menutup pertandingan dengan kemenangan 6-4, 4-6, 6-3.

Sejak kembali dari masa hukuman, Sharapova memang butuh waktu untuk menemukan bentuk permainan terbaiknya lagi. Dia sempat tampil di beberapa turnamen dengan modal wildcard. Namun tak ada yang diakhiri dengan gelar juara.

Meski secara rekor pertemuan unggul mutlak atas Halep, mantan petenis nomor satu dunia itu dipaksa mengeluarkan seluruh kemampuan selama 2 jam 44 menit untuk memastikan kemenangan. Kerja kerasnya membuahkan hasil karena yang dikalahkan adalah petenis ranking dua dunia. Kemenangan ini menandai kembalinya di pentas elite tenis dunia.

Comeback-nya sejak April silam pun sempat dihambat oleh cedera paha yang memaksa hengkang dari Italia Terbuka, Mei silam. Belum lama bulan ini, dia juga harus angkat kaki lebih dini pada babak kedua turnamen Stanford karena alasan yang sama. Namun saat menghadapi Halep dia tidak seperti menghadapi keluhan berarti. Alhasil, kemenangan semakin mempertegas keunggulan Sharapova atas petenis Rumania itu menjadi 7-0.

“Anda terkadang bertanya, kenapa mengerahkan segala upaya yang ada, dan inilah alasannya,” kata Sharapova usai menyudahi pertandingan pertamanya di turnamen grand slam setelah absen nyaris dua tahun.

Seiring absennya Serena Williams di pentas Amerika Serikat (AS) Terbuka 2017, sang kakak Venus Williams menjadi tumpuan tuan rumah untuk berjaya. Venus dan beberapa petenis tuan rumah lain pun mampu melaju mulus melewati rintangan babak pertama. Langkah juara Venus sudah diretas dengan menggusur petenis Slowakia Viktoria Kuzmova 6-3 3-6 6-2 pada babak pertama turnamen Grand Slam ini.

Petenis berusia 37 tahun yang terakhir kali juara di New York pada 2002 itu sedang dalam kepercayaan tinggi setelah menembus final Australia Terbuka dan juara Wimbledon tahun ini. “Saya merasa permainan saya selalu meningkat setiap tampil di event besar. Karena itu saya merasa selalu siap tampil ketika tekanan datang," ucap Venus dilansir Reuters.

Petenis Spanyol Garbine Muguruza pun berhasil melewati babak pertama setelah kalahkan petenis tuan rumah Varvara Lepchenko dengan mudah 6-0 dan 6-3. Selanjutnya, Muguruza akan menantang petenis China, Duan Yingying, yang sebelumnya menundukkan petenis AS lainnya, Claire Liu. Di pertandingan lain, Petra Kvitova juga melangkah ke babak kedua. Petenis Republik Ceko itu mengalahkan Jelena Jankovic (Serbia), 7-5 dan 7-5. Lawan selanjutnya adalah petenis Prancis, Alize Cornet. (ira/ilc/Reuters/JPC)

Komentar telah ditutup.