Jumat, 19 Oktober 2018 03:33 WIB
pmk

Total Football

Tur Luar Negeri Tetap jadi Agenda Utama Timnas Indonesia

Persiapan Timnas Menuju Asian Games
Redaktur:

SUSUN AGENDA: Luis Milla di tengah skuad Timnas Indonesia.

INDOPOS.CO.ID - Agenda program Timnas Indonesia sedang lowong setelah Indonesia ditahan Fiji tanpa gol di Stadion Patriot, Bekasi, 2 September lalu. Kondisi itu lantas dimanfaatkan oleh sang pelatih, Luis Milla, untuk kembali ke negaranya, Spanyol untuk melepaskan rindu bersama keluarganya selama sepekan. 

"Saya tidak bisa berlama-lama di sana (Spanyol, Red). Karena harus segera mempersiapkan tim jelang Asian Games," kata Milla. "Jadi, saya sudah harus kembali secepatnya. Bila tidak ada halangan, mungkin pekan depan saya sudah di Jakarta dan segera menyusun program untuk Timnas," jelas pria berusia 51 tahun itu. 

Pelatih yang pernah membawa Spanyol juara Piala Eropa U-21 pada 2011 silam itu memang sudah memiliki sejumlah program jangka panjang yang akan dia persiapkan kepada Hansamu Yama dan kawan-kawan. Salah satunya adalah, menjalani pemusatan latihan di luar negeri. Sayang, karena keterbatasan waktu, program tersebut tidak bisa terealisasi. 

Bayu Eka Sari, administrator Timnas sekaligus penerjamah Milla menambahkan, program untuk pemusatan ke luar negeri masih menjadi agenda utama Milla saat mempersiapkan tur jelang ke Asian Games. Namun, apakah program itu bisa dijalankan atau tidak, Milla ingin berdiskusi secara langsung dengan federasi sebagai otoritas tertinggi sepak bola tanah air. 

"Sebenarnya sudah ada beberapa plan yang dipersiapkan oleh Milla. Hanya saja, butuh koordinasi lebih intensif dengan PSSI," kata Bayu. Karena, lanjut Bayu, ada sejumlah program yang dilakukan oleh Milla selama persiapan ke SEA Games Kuala Lumpur, Malaysia lalu, yang harus dievaluasi. "Koordinasi dengan federasi harus lebih maksimal lagi," jelasnya. 

Nah, karena hanya bersifat koordinasi, Bayu menegaskan, program Milla untuk persiapan ke Asian Games 2018 nanti sudah bisa rampung sebelum pergantian bulan. "Paling akhir September sudah rampung dan sudah ada keputusan program apa saja yang akan dijalankan oleh Milla bersama Timnas," beber dia.

Seperti yang diketahui, agenda Milla bersama Timnas cukup padat sejak Juli lalu. Itu setelah dia bersama tim besutannya tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 di Thailand. Dalam event itu, Indonesia gagal melaju ke putaran final. Setelah itu, dia kembali melakukan persiapan bersama tim yang sama untuk tampil di SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, akhir Agustus lalu. (ben/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-indonesia 

Berita Terkait

Bek PSM Menilai Bomber Hongkong Menakutkan

Liga Indonesia

IKLAN