Nusantara

Tol Joker Jadi Harapan Baru Masyarakat Mojokerto

Redaktur:
Tol Joker Jadi Harapan Baru Masyarakat Mojokerto  - Nusantara

INDOPOS.CO.ID – Diresmikannya Tol Jombang-Mojokerto (Joker) Seksi II dan III oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dinilai Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa (MKP) mampu menjadi harapan baru bagi masyarakat. Karena, dengan infrastruktur, perekonomian akan semakin berkembang.

Hal itu diungkapkan MKP usai mendampingi Jokowi selama proses peresmian kemarin. ’’Ini akan menjadi harapan baru. Karena, dengan adanya tol, semua akan bisa lancar dan cepat,’’ paparnya.

Ekonomi akan berkembang sangat cepat. Karena, hilir mudik kendaraan yang semula tersendat oleh kepadatan jalur biasa, sudah tak ditemukan lagi. ’’Bisa lebih lancar dan menggugah ekonomi baru,’’ jelas bupati dua periode ini.

Senada diungkapkan Presiden Direktur PT Marga Harjaya Infrastruktur Wiwiek D. Santoso. Ia berharap, dengan beroperasinya ruas Tol Jombang Mojokerto juga dapat memacu pertumbuhan perekonomian wilayah sekitar jalan tol ini serta Jawa Timur sehingga keberadaannya segera dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Jawa Timur, khususnya Jombang dan Mojokerto.

Pembangunan tol ini menggunakan metode pembangunan yang ramah lingkungan. Konstruksi jembatan utama Sungai Brantas menggunakan metode Balanced Cantilever. Sehingga pilar jembatan di tengah sungai dapat dihilangkan. Jembatan yang cukup tinggi ini total panjangnya mencapai 1,2 km.

’’Jalan tol ini dilengkapi dengan pemasangan wire rope di median untuk keselamatan pengguna kendaraan. Berbeda dengan guardrail atau concrete barrier yang lebih berfungsi sebagai penahan benturan, wire rope tidak hanya menahan, tetapi mengurangi dampak benturan,’’ papar dia.

Untuk meningkatkan kenyamanan, ujar Wiwiek, jalan Tol Jombang-Mojokerto juga dilengkapi dengan fasilitas empat rest area yang berada di km 679 dan km 695 di kedua arah untuk istirahat dan beribadah. (ron/abi/jpg)

Pengoperasian Ruas Jalan Tol Jombang-Mojokerto:

Seksi I sepanjang 14,7 km beroperasi Oktober 2014

Seksi II sepanjang 19,9 km beroperasi September 2017

Seksi III sepanjang 5 km  beroperasi November 2016

Seksi IV sepanjang 0,9 km akan beroperasi bersamaan dengan beroperasinya ruas Ngawi-Kertosono

Ruas Tol Jombang-Mojokerto Memiliki Empat Gerbang:

Gerbang Tol Bandar (di Desa Kayen, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang)

Gerbang Tol Jombang (di Desa Pesantren, Kecamatan Tembelang, Jombang, Jawa Timur)

Gerbang Tol Mojokerto Barat (di Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Mojokerto, Jawa Timur)

Gerbang Tol Mojokerto (di Desa Penompo, Kecamatan Gedeg, Mojokerto)

 

Berita Terkait


Baca Juga !.